25 radar bogor

Pasca Banjir, Sebagian Warga Leuwisadeng Masih Mengungsi

banjir leuwisadeng
Banjir bandang yang menimpa ratusan rumah warga. (ist)

LEUWISADENG – RADAR BOGOR, Pasca dihantam bencana banjir akibat luapan Sungai Cinanggung dan Cikaniki, masyarakat Leuwisadeng di imbau tetap waspada. Saat ini, masih ada warga yang mengungsi di penampung tepatnya di Masjid Istihad.

Baca Juga : Leuwisadeng Dilanda Pohon Tumbang Hingga Banjir

“Sekitar 30 jiwa masih mengungsi di penampungan Masjid Istihad, sisanya kembali ke rumah masing-masing,” kata Camat Leuwisadeng Rudi Mulyana kepada wartawan.

Rudi mengklaim bahwa kejadian banjir yang besar seperti sekarang baru pertama kali, akibat curah hujan tinggi.

“Selain cuaca, faktor lain keadaan sungai banyak sampah jadi tertahan alirannya dan saat kejadian ada batang kayu menyangkut di jembatan,” kata dia.

Saat ini, sebagian warga Leuwisadeng sudah kembali dan melakukan bebersih rumahnya yang terdampak banjir.

“Tapi kalau ada hujan deras agar waspada terhadap aliran air sungai dan siap-siap kembali mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” ucapnya.

Kabid Ratik BPBD Kabupaten Bogor Aris menjelaskan, saat ini kondisi lokasi terdampak banjir di Leuwisadeng sudah kondusif, tinggal pembersihan jalanan sisa lumpur.

“Untuk rumah yang terendam sudah dibersihkan sisa banjirnya, kalaupun masih ada yang mengungsi kemungkinan karena kondisi rumahnya belum layak ditempati, tapi menurut laporan di lapangan sebagian warga mulai balik kerumahnya,” kata Aris. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep