25 radar bogor

Terminal Baranangsiang Masih Ramai Pemudik, Minggu Puncak Arus Balik

Penumpang terlihat mulai memadati Terminal Baranangsiang Kota Bogor, Selasa (25/4). (Radar Bogor/Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Meski sudah lewat 3 hari usai lebaran atau Idulfitri 1444 H, Terminal Baranangsiang masih dipenuhi sejumlah pemudik. Seperti yang terlihat pada Selasa (25/4), puluhan pemudik tampak menunggu kedatangan bus yang akan ditumpangi.

Kepala Terminal Baranangsiang, Moses Lieba menyebut, jumlah penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) masih stabil di angka 1800-2000 orang dalam sehari.

Baca Juga: Arus Mudik Tahun Ini Melonjak 3,6%, 1.207.698 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

“Memang sampai hari ini masih banyak yang mudik terutama ke daerah Jawa Barat. Kebanyakan tujuannya ke Garut, Pelabuhan Ratu dan Bandung,” tuturnya saat ditemui Radar Bogor.

Ia menduga banyak masyarakat yang menunda keberangkatan karena menghindari kemacetan yang terjadi di puncak arus mudik. Sehingga memilih waktu keberangkatan pasca lebaran.

Sementara itu Moses menyebut jumlah penumpang tujuan Sumatera sudah jauh berkurang.

“Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah sangat berkurang. Lebih banyak tujuan AKDP,” terang dia.

Hal yang sama juga terjadi pada arus balik. Moses mengatakan, hingga saat ini belum ada peningkatan jumlah penumpang dari luar Kota Bogor. Sebab menurutnya penumpang baru akan pulang pada Kamis (26/4) dan puncaknya pada Minggu (30/4).

Baca Juga: Motor Pemudik Mogok di Depan Pospam Cileungsi, Ini yang Dilakukan Polisi

“Selain itu memang kebanyakan penumpang tidak turun di terminal. Mereka banyak yang turun di jalan atau pool bisa karena lebih dekat dengan rumahnya,” jelas Moses.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto