25 radar bogor

Efek Mudik Lebaran, Volume Sampah di Ciampea Menurun

Petugas membersihkan sampah di salah satu titik Kecamatan Ciampea. (Radar Bogor/Jaenal Abidin)

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Pascalebaran, volume sampah di UPT Pengelolaan wilayah 4 mengalami penurunan. Hanya sembilan armada yang dikerahkan untuk menangani sampah selama musim mudik lebaran.

“Lebaran tahun 2023 malah mengalami penurunan volume sampah, karena armada yang diturunkan berjumlah 9 kendaraan. Berbeda tahun 2022, kita turunkan sampai 17 unit dari total 28 unit,” ungkap Kepala UPT Pengelolaan Sampah Wilayah IV Ciampea Atang, Selasa (25/4).

Baca Juga: Terminal Baranangsiang Masih Ramai Pemudik, Minggu Puncak Arus Balik

Atang menilai, penurunan ini karena efek warga yang tinggal di perumahan mudik ke kampung asalnya. Pengangkutan sampah juga dilakukan sebelum malam Idulfitri 1444 H.

“Kalau dijumlahkan, dari 9 armada hanya mengangkut 27 ton, dengan rincian satu armada 3 ton atau 6 kubik. Itupun tidak full kapasitasnya,” ucapnya.

Selain itu, dirinya menambahkan, pihaknya tetap memantau pergerakan semua armada di setiap wilayah yang melakukan pengangkutan sampah.

“Berbeda dengan tahun 2022 yang masih Covid-19, tidak banyak mudik tapi lebih berkunjung ke rumah saudara terdekat karena masih terbatas,” jelasnya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto