25 radar bogor

Macet di Jalur Puncak Bogor, Sistem One Way Diberlakukan

ganjil genap di Puncak
Ilustrasi ganjil genap di Puncak

BOGOR-RADAR BOGOR, Kemacetan terjadi di jalan raya Puncak, Bogor, Minggu (23/4). Imbasnya, sistem satu arah (one way) diberlakukan di kawasan menuju Puncak tersebut.

Pemberlakuan one way dimulai dari Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor sejak pukul 08.00 WIB. Kendaraan diarahkan melaju secara bergantian hingga Puncak Pass.

Baca Juga: Sebanyak 28.045 kendaraan ke luar Jakarta lewat Tol Ciawai arah Puncak

Pemberlakuan itu hingga pukul 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan sistem one way atau satu arah ke bawah atau ke Jakarta diberlakukan.

Kini, arus kendaraan yang hendak ke atas Puncak disetop atau ditutup menggunakan water barrier oleh petugas di Jalan Ciawi, Simpang Gadog. Kendaraan kendaraan itu dilarang melintas sampai waktu yang tidak ditentukan.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, kepadatan terjadi sejak pagi. Kendaraan mengular di sejumlah titik karena peningkatan intensitas arus yang masuk ke kawasan Puncak di musim libur lebaran.

“Petugas kami telah memainkan ganjil genap lebih awal dan selanjutnya langsung melakukan penarikan (one way) secara gantian baik ke atas maupun ke bawah,” ujar Dicky.

Pihak kepolisian mencatat, sebanyak 152.771 kendaraan roda empat memasuki Puncak sejak H-5 Idulfitri. Selama itu, sebanyak 120.106 kendaraan roda empat meninggalkan kawasan wisata.

Untuk mengantisipasi penumpukkan kendaraan keluar dari Puncak, Polres Bogor dibantu personel dari Brimob Polda Jabar dan perintis Mabes Polri.

Baca Juga: Kedapatan Mencuri Motor, Pria di Puncak Babak Belur Dihajar Massa

Apabila arus bisa ditembus kembali, maka dua arah akan dinormalkan kembali.(*)

Editor: Imam Rahmanto