25 radar bogor

Libur Lebaran, Kebun Raya Bogor Raup 14 Ribu Pengunjung

BOGOR-RADAR BOGOR, Selama Lebaran atau Idulfitri 1444 H, destinasi wisata Kebun Raya Bogor (KRB) terus dipadati pengunjung. Sekira 14 ribu pengunjung menyambangi kawasan wisata di tengah kota tersebut.

General Manager Corporate Communication PT Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin  mengatakan,  jumlah pengunjung pada tahun ini meningkat secara signifikan. Peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya pada periode sama kisaran 20-30 persen.

Ia menyebutkan, pada lebaran hari pertama, Sabtu (22/4), pengunjung mencapai 4 ribu orang. Sementara, pada Lebaran H+2, jumlah pengunjung mencapai 10 ribu orang.

Diperkirakan, jumlah itu akan terus mengalami peningkatan pada hari yang akan datang hingga berakhirnys libur Lebaran. Menurutnya, perbedaan jumlah pengunjung yang signifikan disebabkan karena pada 2022 terdapat regulasi Pemerintah Daerah.

“Di antaranya, saat ini sudah normal, melewati masa pandemi dan PPKM. Jadi, Kebun Raya Bogor buka tiap hari, mulai Senin sampai Jumat buka pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Sementara tiap Sabtu, Minggu, dan hari libur Nasional Kebun Raya Bogor buka lebih awal, pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.00 sore,” paparnya.

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor berbeda setiap jadwalnya. Jika berkunjung pada Senin hingga Jumat, wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman) dikenakan tarif masuk mulai dari Rp15.500 per orang. Jika wisatawan masuk membawa sepeda, akan dikenakan biaya tambahan masuk untuk sepeda mulai dari Rp15.000.

Wisatawan yang membawa mobil akan dikenakan tarif mulai dari Rp50.000. Kalau membawa motor, dikenakan tarif mulai dari Rp5.000, dan jika membawa sepeda dikenakan tarif mulai dari Rp20.000. (*)

Reporter: Omer Ritonga
Editor: Imam Rahmanto