25 radar bogor

Pesan Menag di Hari Raya Idulfitri, Sudahi Segala Perselisihan

Menag Yaqut Cholil terbitkan edaran panduan Ramadan dan Idulfitri 1445 H.
Menag Yaqut Cholil terbitkan edaran panduan Ramadan dan Idulfitri 1445 H.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah bagi umat islam. Dia berharap Ramadan membawa keberkahan bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan, kita semua menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Semoga puasa dan amal ibadah kita selama Ramadan diterima Allah dan mengantarkan kita menjadi pribadi yang bertakwa,” kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/4/2023).

Yaqut mengatakan, Idul Fitri mengajarkan masyarakat bahwa Allah maha besar. Sehebar apapun seseorang, setinggi apapun derajatnya, dan sebanyak banyak apapun kekayaannya tetap manusia biasa. Sehingga tidak pantas menyombongkan diri.

“Ramadan telah mengajarkan kepada kita akan kekuasaan Allah. Pelajaran yang sudah seharusnya menumbuhkan sikap tawadhu. Yaitu, senantiasa merendahkan diri kepada Allah dan tidak berbuat semena-mena atau memandang remeh terhadap sesama,” imbuhnya.

Yaqut mengatakan, manusia sudah selayaknya rendah hati. Menjaga persaudaraan harus dikedepankan sebagaimana ajaran Rasulullah SAW.

“Sesuai ajaran Rasulullah, momen Idul Fitri menjadi saat tepat untuk saling memaafkan dan memohon maaf kepada sesama. Mari perkuat tali persaudaraan dan persatuan kita sebagai umat manusia. Utamakan kepentingan bersama dan terus menjaga kerukunan antar sesama,” kata Yaqut.

“Sambut Idul Fitri, mari sudahi segala bentuk perselisihan dan caci maki. Ganti dengan sikap saling mendoakan untuk kemaslahatan umat, kebaikan semua, dan juga kemajuan Indonesia,” pungkasnya. (jpg)

Editor : Yosep