25 radar bogor

Perdana Pasca Pandemi, Begini Suasana Salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor

Salat Idulfitri di KRB
Suasana Salat Idulfitri di KRB Sabtu (22/4/2023). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kebun Raya Bogor (KRB) kembali menggelar salat Idulfitri di tahun 2023. Momen ini menjadi yang pertama kalinya usai pandemi Covid-19.

Karena pada tahun 2020-2021 Pemkot Bogor sempat melarang masyarakat menggelar salat Ied secara terbuka. Kemudian di tahun 2022 salat Ied dilaksanakan di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Kesyahduan tampak pada momen salat Ied perdana yang digelar Sabtu (22/4/2023). Jemaah yang datang dari berbagai daerah terlihat mulai mendatangi area salat yang berlokasi di Taman Reinwardt KRB itu sejak pukul 05.30 WIB.

Puluhan ribu jemaah ini kian bertambah banyak seiring semakin terangnya cahaya matahari. Banyaknya jemaah yang datang bahkan melebihi tempat yang disediakan.

Pelaksanaan salat Ied diawali dengan lantunan takbir yang diserukan secara bersama-sama. Selanjutnya, pelaksanaan salat Ied diimami oleh Pimpinan Pondok Pesantren Rijalul Quran, Ilham Waliyudin.

Suasana khusyuk amat terasa dalam salat Ied perdana di KRB kali ini. Lantunan ayat suci berpadu dengan sejuknya udara KRB seakan menyelimuti para jemaah.

Sementara itu, khutbah disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor, KH TB Muhidin. Rentetan salat Ied berakhir pada pukul 07.45 WIB

Tak menyianyiakan kesempatan seusai melaksanakan salat dan halal bihalal, masyarakat dengan antusias berburu foto di sekitar kawasan KRB bersama sanak keluarganya.

Ketua Panitia Salat Ied, Hendro Hersanto mengatakan momen salat Ied 1444 Hijriyah menjadi yang pertama di KRB pasca pandemi. Ia bersyukur banyak dukungan dan bantuan yang diberikan sehingga salat Ied kembali bisa digelar di KRB.

“Kami mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyelenggaraan salat Ied kali ini. Semoga kami dan Pemkot Bogor bisa terus bersinergi memberikan manfaat kepada masyarakat,” ucapnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, momen Idulfitri tahun ini akan menjadi periode terakhirnya menjabat sebagai Wali Kota. Bima berharap di sisa waktu yang dimiliki ia dapat menyelesaikan janji-janji yang belum tuntas.

“Mohon diingatkan apabila ada janji yang belum terrealisasi. Kami akan maksimalkan bulan-bulan terakhir yang dimiliki. Mohon dimaafkan apabila selama masa jabatan ada hal-hal yang kurang berkenan dan tidak sesuai dengan impian warga Kota Bogor,” tuturnya

KRB sudah dipili sebagai lokasi salat Ied sejak tahun 1990 lalu. Hal itu karena KRB memiliki area lapangan yang sangat luas sehingga bisa menampung banyak jemaah. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep