25 radar bogor

Hari Pertama Lebaran, TPU Dreded Dipadati Ratusan Peziarah

Pemakaman
Suasana TPU Dreded. Retribusi pemakaman di Kota Bogor resmi dihapus.REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Tempat Pemakaman Umum Dredet, Kecamatan Bogor Selatan dipadati ratusan warga di hari pertama lebaran, Sabtu (22/4/2023).

Masyarakat yang datang dari berbagai wilayah ini, berkunjung untuk berziarah ke makam sanak saudaranya. Padatnya peziarah bahkan membuat Jalan Dreded dan Jalan Pahlawan, Kelurahan Empang mengalami kemacetan.

Suasana ramai juga terlihat di area pemakanan. Sejumlah peziarah datang bersama dengan rombongan keluarganya dan mendoakan satu makam lalu berpindah ke makam lain.

Meski disorot sinar matahari yang terik, tak menyurutkan kekhusyukan lantunan doa yang dipanjantkan para peziarah.

Karyawan UPTD Pemakaman Kota Bogor di TPU Dreded, menyebut jumlah peziarah di tahun ini melesat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Menurutnya hal itu disebabkan tidak adanya larangan dan menurunnya kasus Covid-19

“Peziarah banyak dari Kota dan Kabupaten Bogor. Tapi tidak jarang juga dari luar kota. Biasanya ramai hingga 3 hari ke depan,” ucapnya.

Dedi mengatakan TPU yang berlokasi di Kelurahan Empang ini memiliki puluhan ribu makam. Pihaknya sudah bersiap menghadapi momen tersebut dengan membersihkan makam-makam yang ada.

“Supaya masyarakat nyaman ketika berziarah dan kawasan makam tampak rapi,” jelasnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep