25 radar bogor

Sumedang Gagas Inovasi Layanan Realtime Untuk Lebaran, Mudah, Indah dan Berkah

Sumedang
Herman Suryatman, Sekda Kabupaten Sumedang.

SUMEDANG-RADAR BOGOR, Kabupaten Sumedang terus menggeliat dan berbenah. Berbagai layanan publik, kualitasnya ditingkatkan, termasuk dalam menyambut lebaran 1.444 H. Sumedang kini meluncurkan inovasi lebaran.sumedangkab.go.id atau Sumedang Lebaran Realtime (Sumedang LRT).

Sebuah platform digital yang menberikan layanan terbaik 1 x 24 jam kepada masyarakat, khususnya para pemudik. “Kami akan manjakan warga Sumedang dan pemudik dengan layanan realtime. Sebuah layanan terobosan yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja,” ujar Herman Suryatman, Sekda Kabupaten Sumedang, di Sumedang. Jum’at (21/4/2023).

Menurutnya, hakekat pemerintahan adalah kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat. Pemerintah harus berpusat pada kepentingan masyarakat (human centric). “Pemerintahan ada untuk rakyat. PR nya adalah mensejahterakan dan membahagiakan rakyat. Lebaran momentum penting dalam tradisi masyarakat Indonesia. Karena itu, kami berupaya memberikan layanan terbaik pada momentum lebaran ini,” sambungnya.

Baca Juga : Wali Kota Bogor Bima Arya Akui Kesuksesan Sumedang Tangani Stunting

Herman menjelaskan, Sumedang LRT ini adalah layanan paling depan di Indonesia untuk memudahkan warga menikmati keindahan dan keberkahan hari raya idul fitri. Bagaimana tidak, semua kebutuhan masyarakat disediakan secara digital disana.

Mulai dari informasi kemacetan dan kecelakaan realtime, panduan jalur mudik dan balik, informasi fasilitas sosial dan fasilitas umum, layanan kedaruratan kesehatan dan kedaruratan bencana, info layanan RSUD, termasuk informasi harga bahan pokok penting (bapokting) dan inflasi dll.

“Semua layanan tersaji di Sumedang LRT. Masyarakat dengan mudah bisa mengakses informasi apa saja secara komunikatif. Kami yakin dengan akses informasi yang cepat dan mudah, banyak hal bisa diatasi. Misalnya, macet bisa dicegah, sakit yang lebih parah bisa dicegah, dampak negatif bencana bisa diminimalisir, keterlambatan bisa dihindari, dan lain sebagainya,” tegas Herman.

Dikatakan Herman, lebaran di Sumedang kali ini akan lebih mudah, indah dan berkah. “Itulah hakekat layanan publik yang berpusat pada kepentingan masyarakat atau human centric. Itu pula esensi dari society 5.0,” ungkapnya.

Di tempat lain, salah seorang warga Sumedang yang berkiprah di Jakarta, Maman Suherman atau yang akrab disapa Kang Maman, mengatakan bahwa ini terobosan yang luar biasa.

“Kami para diaspora yang berada di luar Sumedang, sangat terbantu. Layanan keren, bisa diakses realtime. Semua hal terkait Sumedang dan kepentingan warga ada di Sumedang LRT. Salut untuk Sumedang,” kata Kang Maman.

Layanan inovatif tersebut bisa diluncurkan, tidak lepas dari dukungan teknologi digital Kabupaten Sumedang. Sebagaimana diketahui, saat ini Kabupaten Sumedang adalah Kabupaten Terbaik Pertama Nasional untuk penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan Indeks SPBE nya menembus 3,84.

“Sejatinya layanan inovatif Sumedang Lebaran Realtime ini adalah aktualisasi dari SPBE, yakni dalam rangka optimasi layanan government to society dan government to business,” pungkas Herman. (*)

Editor : Yosep