25 radar bogor

Kunjungan Wisata pada Libur Lebaran 2023 Diprediksi Meningkat

Sejumlah wisatawan menikmati pemandangan di Kebun Teh kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.(Radar Bogor/Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor memprediksi akan melonjaknya tingkat kunjungan wisata saat libur Lebaran 1444 H.

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Deni Humaedi mengatakan, kunjungan wisata pada lebaran tahun 2023 ini dipastikan meningkat seiring telah dicabutnya aturan PPKM oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Hasil Polling Radar Bogor: Golkar Teratas, NasDem dan PDIP Ketat 

“Selain itu juga banyaknya tempat-tempat wisata baru, maka diprediksi kunjungan wisata akan naik,” ucapnya, Selasa (18/4).

Menurutnya, banyak wisata baru yang bermunculan di Kabupaten Bogor di antaranya wisata alam dan ramah keluarga. Hal itu dipastikan dapat mengundang para wisatawan lantaran menjadi daya tarik tersendiri.

Meski demikian, Pemkab Bogor melalui Disbudpar telah melayangkan surat imbauan bagi para pengelola wisata yang ada di Kabupaten Bogor.

Himbauan tersebut terkait dengan wabah Covid-19 yang belum selesai. Disbudpar meminta pengelola untuk setidaknya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di samping terus menjaga keamanan dan kenyamanan khususnya di lingkungan area wisata.

“Dan juga harus melindungi wisatawan, bagaimana keamanannya dan lain sebagainya,” kata Deni.

Untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan, pihaknya akan menyebar tim saka pariwisata yang merupakan anggota pramuka untuk membantu petugas selama libur lebaran.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto