25 radar bogor

Pastikan Mudik Aman, Sopir Bus di Terminal Baranangsiang Dites Urine

Tes Urine sopir bus
Sejumlah sopir bus di Terminal Baranangsiang menjalani tes urine pada Senin (17/4/2023). REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah sopir bus di Terminal Baranangsiang menjalani tes urine pada Senin (17/4/2023). Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh sopir bebas narkoba ketika mengantarkan para pemudik pulang kampung.

Baca Juga : H-7 Lebaran, Pemudik Padati Terminal Baranangsiang. Sehari 600 Penumpang!

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Bai Kusnadi menjelaskan, tes terhadap sopir bus tersebut merupakan bagian dari kegiatan pemeriksaan yang dilakukan pihaknya untuk menghadapi musim mudik 2023.

“Hari ini kami memeriksa kesehatan para sopir mulai dari tensi darah, gula darah, keseimbangan tubuh, hingga tes narkoba. Ini untuk memastikan para pengemudi layak dan fit ketika berkendara,” jelasnya.

Bai menyebut, upaya itu penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang kemungkinan diakibatkan performa sang sopir bus. “Jika ada sopir yang teridentifikasi positif narkoba, maka kami tidak perkenankan untuk mengemudi dan akan dirujuk ke puskesmas,” tutur dia.

Dirinya mengimbau kepada para sopir bus untuk tidak memaksakan diri ketika merasa tubuhnya sakit atau lelah. Hal itu juga disampaikannya kepasa para pemudik.

“Sebelum pulang kampung pastikan tubuh sehat, bawa keperluan obat yang dibutukan, dan jangan memforsir tubuh ketika lelah. Silahkan beristirahat dulu setelah itu baru lanjutkan perjalanan,” saran Bai.

Hingga saat ini, Dinkes sudah memeriksa sekira 15 sopir bus dan belum ditemukan yang positif narkoba. Pemeriksaan akan kembali berlangsung pada Selasa (18/4/2023) besok. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep