25 radar bogor

Peserta FGD Ngabuburit Bareng Apeksi di Vihara Dhanagun, Belajar Keberagaman 

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejumlah peserta FGD Ngabuburit Bareng Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) berkesempatan mengunjungi Vihara Dhanagun Bogor pada Jumat, (14/4/2023).

Kegiatan yang mengusung tema ‘Spill Isi Hati Calon Pemimpin Masa Depan Kota’ itu diikuti 120 anak muda perwakilan dari 17 kampus se-Indonesia.

Direktur Eksekutif APEKSI, Alwis Rustam mengatakan, acara Ngabuburit Bareng APEKSI ‘Spil Isi Hati Calon Pemimpin Masa Depan Kota’ merupakan salah satu kegiatan bagi 120 mahasiswa magang di APEKSI sebagai perwakilan dari 17 kampus di Jabodetabek dan beberapa dari kampus luar Jawa, seperti Dumai, Tarakan dan Makassar.

“Acaranya bersifat diskusi, apa yang menjadi keresahan para anak muda terhadap kotanya dan diharapkan bisa di share,” kata Alwis.

Kemudian, dijaskan Alwis yang kedua dan lebih penting bagaimana mereka bisa saling belajar serta mencurahkan pemikiran-pemikiran original dari para peserta yang merupakan calon pemimpin kota.

“Termasuk memberikan aspirasi dan keinginan anak-anak muda memanfaatkan ruang-ruang kreatif yang kekinian, berbagi ide serta apa yang mereka pandang terhadap kotanya, persoalan yang dihadapi perkotaan, isu-isu prioritas maupun yang paling menjadi persoalan,” ujar Alwis Rustam.

Sementara itu, perwakilan Vihara Dhanagun Bogor, Jimmy Carter menjelaskan, kegiatan ini merupakan kunjungan dadakan yang dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya bersama para pengurus APEKSI.

Di mana, tujuan utamanya untuk memperlihatkan kepada para peserta FGD Ngabuburit Bareng APEKSI, bahwa Kota Bogor mempunyai sesuatu yang berbeda, salah satunya terkait dengan keberagaman.

“Kalau di Dhanagun ini kan kita bicara masalah toleransi, bicara masalah kesatuan. Nah, ini dari pak wali juga saya sampaikan bahwa Dhanagun menjadi salah satu center dalam merawat toleransi melalui kebhinekaan di Kota Bogor,” kata dia.

“Disini, para peserta lebih melihat bangunan dan belajar sejarah tentang Vihara Dhanagun Bogor. Poin pentingnya mah soal keberagaman ya,” tukas dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep