25 radar bogor

Bank Mega Syariah Luncurkan Syariah Card, Targetkan 1 Juta Kartu

Bank Mega Syariah
Bank Mega Syariah sebagai salah satu pelopor perbankan syariah di Indonesia, turut mendukung tren gaya hidup halal dengan meluncurkan Syariah Card.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gaya hidup halal kini semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Bank Mega Syariah sebagai salah satu pelopor perbankan syariah di Indonesia, turut mendukung tren gaya hidup halal ini dengan meluncurkan Syariah Card.

Baca Juga : Dukung Bulan Inklusi Keuangan, Bank Mega Syariah Hadirkan Promo Menarik

Syariah Card, merupakan kartu pembiayaan yang menerapkan prinsip syariah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 54/DSN-MUI/X/2006. Direktur Utama Bank Mega Syariah Yuwono Waluyo, menyatakan kehadiran Syariah Card sebagai solusi kebutuhan transaksi non-tunai berbasis pembiayaan yang sesuai dengan prinsip syariah.

Di tengah pemulihan ekonomi nasional, perekonomian syariah terus menunjukkan perkembangannya. Menurut State of the Global Islamic Economy Report 2022 (SGIE 2022), saat ini Indonesia menduduki peringkat 4 dunia dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi syariah.

Namun demikian di sektor keuangan syariah, Indonesia baru menempati peringkat 6 dunia. Untuk itu, para pelaku industri keuangan syariah perlu melakukan inovasi produk dan mengembangkan layanan perbankannya.

Salah satu produk yang perlu dikembangkan adalah kartu pembiayaan syariah, karena saat ini salah satu cara bayar yang diminati oleh masyarakat dalam melakukan transaksi adalah berbasis pembiayaan melalui kartu kredit.

Namun, bagi masyarakat dengan preferensi gaya hidup halal masih memiliki keterbatasan dalam memilih produk kartu pembiayaan syariah, karena saat ini hanya ada 2 bank syariah yang menyediakan produk ini.

Melihat hal tersebut, Bank Mega Syariah meluncurkan Syariah Card sebagai komitmen untuk menghadirkan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan dengan prinsip syariah.

Sebagai pembeda dengan kartu pembiayaan syariah lain di Indonesia, Bank Mega Syariah bermitra dengan pemimpin pembayaran digital dunia, Visa. “Syariah Card diterbitkan sebagai produk kartu pembiayaan syariah pertama di Indonesia untuk segment menengah dan millenial yang bekerja sama dengan Visa,” lanjut Yuwono.

Dengan menggunakan jaringan Visa, Syariah Card dapat digunakan di seluruh merchant dalam dan luar negeri yang berlogo Visa. Hal ini tentunya akan mendukung kebutuhan masyarakat dengan orientasi gaya hidup syariah, termasuk dari segmen Gen Z dan milenial.

Terutama untuk kalangan yang melakukan perjalanan wisata religi/wisata halal maupun healing ke luar negeri. Fitur cashback hingga satu juta rupiah untuk transaksi di negara Arab Saudi, Turki, Qatar, dan Uni Emirat Arab dapat semakin memanjakan para pengguna Syariah Card sambil memaknai perjalanan religiusnya.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, menyatakan, sangat senang bisa bekerja sama dengan Bank Mega Syariah untuk meluncurkan kartu kredit Syariah Card di Indonesia.

Studi Visa Consumer Payment Attitudes terbaru terhadap 1.000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa kartu kredit masih menjadi pilihan pembayaran 80% dari responden, yang memilih kartu kredit karena keamanan, kecepatan, dan kenyamanannya.

“Pemegang kartu kredit Syariah Card dapat menikmati bertransaksi di lebih dari 80 juta merchants di 200 negara dan wilayah, membayar secara contactless, dan pengalaman e-commerce yang aman dan nyaman bersama Visa,” tuturnya.

Syariah Card menyasar seluruh kalangan masyarakat yang mengedepankan gaya hidup syariah, termasuk segmen Gen Z dan milenial yang memiliki karakteristik gaya hidup yang dinamis, mandiri, berambisi, dan selalu ingin menjadi pribadi yang impactful bagi lingkungan sekitar.

Syariah Card ingin mengajak dan menemani perjalanan para penggunanya dalam menjalani hidup penuh berkah melalui fitur-fitur yang ditawarkan diantaranya fitur Easy Shodaqoh yang memberikan kemudahan dalam menunaikan sedekah melalui autodebet rutin setiap bulannya ke lembaga zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang bekerja sama dengan Bank Mega Syariah.

Fitur Easy Point juga menawarkan kemudahan untuk menebar kebaikan melalui sedekah. Reward point yang diperoleh dari transaksi belanja di merchant manapun akan otomatis disalurkan menjadi sedekah ke lembaga ZIS yang bekerja sama.

Pemegang Syariah Card juga akan mendapatkan keistimewaan dan beragam promosi menarik di merchant CT Corp seperti diskon hingga 50%. Pemegang kartu bisa leluasa menikmati manfaat Syariah Card tanpa perlu khawatir dengan iuran tahun pertama. Fitur Contactless yang melekat pada kartu semakin memudahkan dan mempercepat transaksi hanya dengan melakukan tap ke perangkat EDC dengan keamanan yang tetap terjaga.

Pengajuan aplikasi untuk memiliki Syariah Card dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui aplikasi digital onboarding tanpa perlu menggunakan kertas yang membuat rumit. Calon Nasabah dapat mengajukan aplikasi melalui cabang Bank Mega Syariah terdekat atau melalui sales officer yang dapat ditemui di outlet merchant CT Corp dan sekitarnya.

Syariah Card tidak menerapkan bunga dalam pembebanan biayanya. Pemegang Syariah Card hanya akan dikenakan biaya bulanan (monthly membership fee) yang nilainya tetap sesuai limit kartu. Pembayaran tagihan pun sangat mudah, semudah melakukan transfer rekening antar Bank.

Peluncuran Syariah Card dilakukan sebagai strategi untuk mendukung pertumbuhan bisnis Bank Mega Syariah ke depan yang akan fokus di segmen retail. Bank Mega Syariah menargetkan untuk menerbitkan satu juta kartu dalam kurun waktu 10 tahun. “Kami optimis dapat mencapai target 1 juta kartu, karena besarnya potensi pasar dengan tren sharia life style sebagai target market kartu pembiayaan syariah di Indonesia,” ujar Yuwono.

Baca Juga : Bank Mega Syariah Siap Luncurkan M-Syariah dan Tabungan Digital Berkah

Kedepannya Syariah Card akan terus dikembangkan dengan penambahan fitur-fitur menarik dan fitur digital untuk semakin mendukung gaya hidup syariah para penggunanya. Sehingga Syariah Card dapat menjadi solusi kebutuhan dalam perjalanan memperoleh keberkahan dan kemudahan di setiap aktivitas sehari-hari baik transaksi pembelanjaan maupun menunjang kehidupan yang sesuai prinsip syariah.

Bank Mega Syariah terus mencatatkan kinerja positif di tahun 2023. Per Maret 2023, Bank Mega Syariah mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 48,94% (yoy) menjadi Rp 17,198 miliar. Dana Pihak Ketiga juga meningkat pesat sebesar 58,51% menjadi Rp 14,38 miliar. Hal ini turut membantu peningkatan laba perusahaan yang meningkat 12,04% menjadi Rp 100,26 miliar. (mer)

Editor : Yosep