25 radar bogor

Pembagian Paket Sembako Jokowi di Bogor Berlangsung Ricuh

Paket Sembako
Suasana pembagian Paket Sembako Jokowi di Bogor yang berlangsung ricuh. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo kembali membagikan ribuan paket sembako kepada ojek online (ojol) dan masyarakat Kota Bogor, pada Kamis (13/4/2023) malam.

Baca Juga : Cek, Begini Prakiraan Cuaca di Bogor Jumat 14 April 2023

Pembagian paket sembako yang dilakukan Jokowi kali ini berlangsung ricuh. Mulanya, petugas sempat mengarahkan pembagian paket sembako di pelataran Balaikota Bogor, di Jalan Ir Juanda, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Namun, rencana tersebut urung dilakukan lantaran menimbulkan kemacetan panjang hingga mengekor ke Tugu Kujang.

Lalu, petugas akhirnya membagi pembagian paket sembako di dua titik, yakni pertama di pintu 2 Istana Bogor khusus untuk ojol dan depan Polisi Militer, Denpom III/1 Kota Bogor dengan sasaran masyarakat.

Pantauan Radar Bogor, ratusan warga yang sudah menunggu sejak pukul 19.00 WIB, tampak memadati Jalan Ir Juanda.

Jokowi sendiri datang ke kawasan Istana Bogor pada pukul 21.00 WIB. Ia menyempatkan untuk turun dari kendaraannya dan membagikan paket sembako serta amplop kepada sejumlah tukang becak dan warga yang berada di kawasan Museum Tanah, di Jalan Ir Juanda Bogor.

Jokowi kembali turun sesampainya di Pintu 2 Istana Bogor. Di sana, Jokowi hanya terlihat menyapa Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, dengan mengenakan kaos hitam.

Kericuhan mulai terjadi saat Jokowi masuk ke Istana Bogor. Disisi lain, masih banyak ojol yang belum kebagian paket sembako. Beruntung petugas gabungan langsung sigap melakukan pengamanan, dan tampak ojol yang sebelumnya belum kebagian paket sembako mendapatkan uang tunai sebesar Rp100.000.

“Jadi tadi disampaikan oleh Presiden, ini merupakan bagian dari tradisi tahunan, beliau memberikan perhatian dalam bentuk bingkisan untuk masyarakat,” kata Dedie A Rachim.

Menurut dia, pada kesempatan ini Jokowi membagikan 1.700 paket yang diprioritaskan untuk ojol dan masyarakat. “Tapi (pembagianya) dibagi di dua titik, ya 1.700 mudah-mudahan kebagian semua, tapi kalau dilihat dari antusiasme masyarakat kan kelihatannya masih kurang,” ucap dia.

Rencananya, Jokowi akan kembali menyerahkan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di Kota Bogor. “Tadi juga disinggung, beliau ke depan akan siapkan lagi waktunya akan dilihat lagi waktunya yang tepat kapan beliau akan kirim kan lagi paket bantuan sembako untuk masyarakat,” beber dia.

Baca Juga : Jokowi Tak Gelar Open House, Pejabat Negara Boleh Kumpul

Saat ditanya apa yang dibahas dengan Jokowi saat bertemu di depan Pintu 2 Istana Bogor. Dedie mengaku hanya menanyakan kondisi keluarganya, dan bagaimana persiapan jelang Hari Raya Idul Fitri.

“(Termasuk membahas) konduktivitas wilayah, kemudian menanyakan keluarga dan sebagainya tapi lebih ke persiapan lebaran mudah-mudahan tidak ada gejolak harga, terutama masyarakat tetap kondusif,” imbuh dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep