25 radar bogor

Membangun Komunitas Melalui Sosial Media, Ini Loh Manfaatnya…

Seminar online tentang membangun komunitas melalui sosial media.
Seminar online tentang membangun komunitas melalui sosial media.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sosial media, menjadi wadah yang sangat mudah untuk membangun komunitas diberbagai bidang. Misalnya komunitas pecinta kuliner, komunitas pecinta binatang, dan lainnya.

Sebab, membangun komunitas di sosial media banyak mendatangkan untung. Asal dilakukan sesuai aturannya.

Membicarakan membangun komunitas di sosial media, Kementerian Kominfo bersama DPR pun mengadakan seminar online, dengan tema yang sama, pada Jumat, 14 April 2023.

Baca juga: Batasi Ruang Anak di Sosial Media, Begini Langkahnya…

Salah satu narasumber, Ketua Umum Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi UNPAD, Dr. Pitoyo, SS, SH, M.IKom menjelaskan, bahwa komunitas bila didefiniskan, adalah membentuk sebuah kelompok yang memiliki sebuah kesamaan dalam ide, visi, dan gerakan.

Komunitas online sangat penting dan sangat mudah untuk membangun emosional di sosial media, untuk berbagi ide, posting blog, konten, atau bermitra dalam proyek bersama.

“Berinteraksi secara positif dengan postingan teratas di Instagram, facebook, linkedin, dan menjalin hubungan,” beber dia.

Lainnya, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Budhi Widi Astuti, menjelaskan bahwa definisi sosial media, adalah laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat membuat dan berbagi isi, atau terlibat dalam jaringan sosial media.

Baca juga: Banyak Ujaran Kebencian di Sosial Media, Begini Faktanya..

Alasan menggunakan sosial media itu yang paling banyak, adalah ‘keep in touch with friends and family’.

“Kalau ditanya platforms sosial media yang paling disukai, nomor satu yaitu Whatsapp, lalu Instagram, Facebook, TikTok, Telegram, dan seterusnya,” tandasnya. (ran)