25 radar bogor

Dua Pekan Ramadan, 41 Pengemis Musiman Diamankan Dinsos Kota Bogor

Pengemis musiman
Sejumlah pengemis musiman kerap muncul di sekitar Jembatan Coger, Kota Bogor selama bulan Ramadan. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor mencatat, sebanyak 41 pengemis musiman yang berhasil diamankan jajarannya selama Ramadan 1444 H. Fenomena pengemis musiman ini sendiri bukan menjadi hal yang baru ketika memasuki bulan suci Ramadan.

Baca Juga : Pengemis Musiman Menjamur di bulan Ramadan, Satpol PP Bakal Razia

“Total sudah ada 41 orang yang sudah kami berikan pelayanan,” kata Kabid Rehabilitas Sosial pada Dinsos Kota Bogor, Dody Wahyudin kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

Menurut Dody Wahyudin, ke-41 pengemis musiman ini diamankan saat beroperasi meminta-minta di beberapa titik Kota Bogor, baik itu di Jalan Pajajaran hingga beberapa traffic light.

“Kebanyakan di lampu-lampu merah dan jalan raya, ada juga yang diamankan di pintu masuk tol,” ucap Dody Wahyudin.

Dijelaskan Dody Wahyudin, setelah diamankan, para pengemis musiman ini akan dibawa ke Kantor Dinsos Kota Bogor.

Kemudian, setelah itu pihaknya akan melakukan pendataan atau pelayanan. Selanjutnya, para pengemis musiman ini akan dipulangkan ke alamatnya masing-masing. “Setelah dibawa ke Dinsos kita pulangkan ke alamat sesuai domisili,” ucap Dody Wahyudin.

Adapun, dituturkan Dody Wahyudin, berdasarkan pendataan yang dilakukan, para pengemis musiman ini berasal dari dua wilayah. Yakni, Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

“Rata-rata warga Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Sekitar 20 persennya baru warga Kota Bogor,” beber Dody Wahyudin.

Baca Juga : Marak Pengemis Musiman di Kota Bogor, Warga Diimbau Tak Beri Uang

Diakui Dody Wahyudin, memang fenomena pengemis musiman sering terjadi setiap tahunnya ketika memasuki bulan suci Ramadan.

Untuk mencegah jumlahnya semakin bertambah, pihaknya sudah berkoordinasi dan meminta bantuan ke Polresta Bogor Kota. “Kita meminta bantuan pihak kepolisian terkait dengan antisipasi dan penanganan pengemis musiman,” tukas dia.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep