25 radar bogor

Salamaid Boyong 50 Anak Yatim Duafa ke Mall Beli Baju Lebaran

Salamaid
Salamaid memboyong anak yatim belanja baju lebaran lewat program Shopping Kebutuhan Yatim (SKY) Ramadan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Senyum sumringah tak bisa disembunyikan Ammar (7). Keinginannya memiliki jaket penghangat saat Salat Subuh dan sandal baru di hari raya akhirnya terwujud. Doanya dikabulkan tuhan lewat perantara program Shopping Kebutuhan Yatim (SKY) Ramadan yang diselenggarakan Salamaid.

Baca Juga : SalamAid Ajak 300 Masyarakat Bukber di Alun-Alun Kota Bogor

Meski masih duduk di bangku kelas 2 SD, Ammar memang dikenal rajin beribadah. Ia rutin melangkahkan kakinya untuk salat di masjid termasuk di waktu subuh. Dinginnya suasana subuh kerap membuat tubuh kecil Muhammad Ammar Abdur Razak kedinginan.

Jauh di dalam lubuk hatinya Ammar ingin memiliki sebuah jaket yang bisa menghangatkan tubuh di waktu subuh. Keinginan itu dipendam sebab tak ingin memberatkan beban sang ibu.

Meski begitu, tuhan mendengar keinginannya. Pada Ramadan tahun ini, Ammar berkesempatan membeli barang yang diinginkan. Ia bersama 49 anak yatim, piatu duafa lain diboyong Salamaid ke Mall Ramayana Tajur untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

Mereka diberikan bekal uang tunai sebesar Rp350 ribu untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Sembari ditemani relawan anak-anak ini berkeliling dan memilih barang incarannya. Meski bersemangat, Ammar dan teman-temannya tampak malu-malu. Mereka bahkan ragu untuk sekadar memegang baju dan celana yang diinginkan.

Setelah melihat-lihat koleksi barang yang ditawarkan, Ammar menjatuhkan pilihannya pada jaket hitam dan sandal gunung bergambar kartun favoritnya. “Jaketnya buat dipakai pas salat subuh, supaya tidak dingin lagi. Sandalnya untuk nanti lebaran,” tuturnya polos.

Beberapa di antara mereka bahkan tidak sabar untuk memakai barang yang dibelinya dan langsung menggunakan barang tersebut saat masih ada di mall.

Kondisi serupa juga tampak pada anak-anak lain. Mereka memilih baju, celana, dan sandal untuk dipakai di hari raya. Beberapa anak lain membelanjakan sisa uang untuk membeli makanan oleh-oleh bagi anggota keluarganya.

Personel Tim Fundraising Salamaid, Agil Mulqi menjelaskan program SKY Ramadan merupakan agenda rutin yang setiap tahun digelar oleh Salamaid. Dalam satu periode Ramadan mereka dapat melaksanakan program ini 3-4 kali.

Baca Juga : SalamAid Buka Thrift Shop di Cianjur, Bukan untuk Diperjualbelikan

“Ini merupakan tahun ke-6 penyelenggaraan SKY Ramadan. Sekali berangkat, rata-rata kami mengajak 50 anak. Program ini akan kembali kami lakukan pada tanggal 15 dan 18 April 2023 mendatang. Program ini akan terus berlangsung selama masih ada donasi yang diberikan” terangnya.

Agil mengungkapkan, donasi diberikan melalui cara berbeda yakni dengan mengajak langsung anak-anak ke mall bertujuan agar mengedukasi para anak agar dapat mengelola uang dengan baik. “Di samping itu kami juga ingin memberikan kebahagiaan kepada mereka dengan pengalaman berbelanja ke mall seperti halnya yang dirasakan anak-anak lain,” ucap dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep