25 radar bogor

Jelang Lebaran, 6 Terduga Teroris Diringkus Densus 88 di Lampung

Ilustrasi Densus 88 tangkap terduga teroris
Ilustrasi Densus 88 tangkap terduga teroris

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak 6 terduga teroris berhasil diringkus Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri di kawasan Lampung.

Baca Juga : Densus 88 Baku Tembak dengan Terduga Teroris, Satu Tewas

Penangkapan 6 terduga teroris itu, dilaksanakan di dua tempat yaitu Kawasan Mesuji dan Pringsewu pada 11 hingga 12 April 2023 pukul 18.00 WIB.

Juru bicara Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri Kombes Aswin Siregar mengatakan, 6 terduga teroris yang ditangkap di Lampung terafiliasi dengan jaringan Jamaah Islamiyah.

Aswin mengatakan, keenam tersangka itu adalah NG alias BA, ZK, PS alias JA, H alias NB, AM, dan Ki alias AS. “6 dari pelaku yang ditangkap tersebut, dua di antaranya harus dilumpuhkan atau dilakukan tindakan tegas karena memberikan perlawanan,” ujar Aswin di Mabes Polri, Kamis  (13/4/2023).

Aswin mengatakan kedua teroris yang meninggal dunia adalah ZK, dan NG alias BA. Dari penangkapan itu, tim berlambang burung hantu itu mengamankan sejumlah senjata.

Baca Juga : Petaka WNA Uzbekistan : Petugas Imigrasi Tewas, Anggota Densus 88 Terluka

“Namun di antara barang bukti tersebut, yang kita lihat sangat jelas adanya senjata-senjata rakitan, kaliber besar, kaliber MM, Thompson kalau di model yang pabrikan Thompson tapi udah dirakit,” ujar dia.

Aswin mengatakan, keenam teroris tersebut terafiliasi dengan kelompok Zulkarnain dan Upi Lawanga. “Dan sejak saat itu N alias BA Ini sudah jadi DPO sejak 2015-2016 dan juga yang menjadi DPO sejak kasus kerusuhan atau konflik di Poso,” ungkapnya. (net/dis)

Editor : Yosep