25 radar bogor

Jejak Digital di Sosial Media Susah Dihapus, Hati-Hati!

sosial media
sosial media

BOGOR-RADAR BOGOR, Bermain sosial media, tentu penuh rambu yang harus diperhatikan. Tidak asal-asalan. Sebab, jejak digital sangat susah dihapus.

Misalnya saja di sosial media. Ada satu kesalahan kita dalam mengomentari sesuatu, lalu di foto atau direkam orang, hingga disebar.

Itulah proses dimana rekam atau jejak digital yang sulit untuk dihapus. Jika perbuatan jelek kita terekam dan tersebar.

Hal itu juga menjadi perhatian Kementerian Komimfo dan DPR RI. Mereka membahas persoalan itu melalui seminar online, mengusung tema: “Dunia Maya dan Jejak Digital”, Rabu, 12 April 2023.

Dekan Fikom Unitomo Surabaya, Harliantara menjelaskan, latar belakang terjadinya jejak digital.

Menurut dia, latar belakang jejak digital, adalah adanya dunia maya yang dapat digunakan sebagai pengalaman sosial, individu dapat saling berinteraksi, bertukar pikiran, berbagi informasi yang menghasilkan sebuah jejak digital, yang merupakan segala informasi yang kita tinggalkan di internet.

Ada 2 jenis jejak digital yang ada saat ini. Yait jejak digital aktif, merupakan informasi yang secara sadar dibagikan di sosial media.

Ada juga jejak digital pasif, yaitu informasi yang anda tinggalkan di internet tanpa sadar, atau data yang dikumpulkan secara otomatis oleh pihak lain tanpa sepengetahuan pemilik.

Beberapa dampak yang akan terjadi ketika meninggalkan jejak digital, di antaranya mempengaruhi perspektif seseorang, menjadi faktor penentu untuk masuk perguruan tinggi, dan mendapatkan beasiswa, peluang untuk mendapatkan pekerjaan, dan terakhir rentan terhadap kemanan pribadi.

“Jejak digital di internet bisa menjadi masalah yang besar, karena jejak digital ini mengandung informasi pribadi yang bisa saja berpotensi menimbulkan hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, tanpa disadari kita sering meninggalkan jejak digital di sosial media. Nah, mulai sekarang kita harus lebih berhati-hati lagi,” tegas dia. (ran)