25 radar bogor

Didaulat Jadi Bapak Asuh Anak Stunting, Ini Yang Dilakukan Dandim 0621

CIBINONG – RADAR BOGOR, Komandan Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara, didaulat menjadi Bapak Asuh Anak Stunting dan Polio di Kabupaten Bogor.

Selama tiga bulan ke depan, bersama dengan Korem 061/Suryakencana, dan instansi terkait, Gan Gan mulai melakukan penanganan stunting di mulai di Kecamatan Cibinong.

“Penanganan stunting fokus pada anak bayi umur 0 – 1000 hari yang dilaksanakan di beberapa Kelurahan di Kecamatan Cibinong,” ucap Gan Gan pada launching penanganan stunting di Mako Kodim 0621, di Cibinong Kamis, (13/4/2023).

Dilaksanakan selama tiga bulan, nantinya bayi-bayi yang sudah data setiap harinya diberikan asupan gizi berupa susu dan telur dibantu perusahaan sponsor seperti PT Cimory.

Gan Gan mengatakan, kegiatan ini juga bekerja sama dengan posyandu yang akan membantu memantau grafik kesehatan bayi baik dari sisi berat badan, dan tingginya.

“Ini merupakan percontohan, apabila nanti dalam tiga bulan ada peningkatan drastis, maka akan dilaksanakan di tempat-tempat lain,” jelasnya.

Kodim 0621 itu juga mengaku siap menjadi bapak asuh anak stunting dan polio di Bumi Tegar Beriman.

“Insya Allah akan saya laksanakan, nanti juga akan saya pantau polio yang ada di masing-masing kecamatan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan menuturkan, meski memiliki jumlah penduduk yang besar,  angka stunting di wilayahnya cukup kecil yakni di 4,98 persen. Sehingga dia pun mengklaim penanganan stunting di Kabupaten Bogor cukup baik.

“Jadi risiko yang penduduknya besar kalau dibandingkan dengan Kuningan dan Banjar jauhkan, pasti Bogor yang besar, masalah stunting, masalah kemiskinan, pengangguran pasti besar, tapi kalau perbandingan turunnya persentase, penanganan stunting di Bogor ini luar biasa bagus,” tandasnya.(cok)

Reporter : Septi Nulawan Harahap
Editor : Yosep