25 radar bogor

Lebaran Idulfitri, Muhammadiyah dan Arab Saudi Kompak 21 April 2023

Pengeras suara di masjid
Ilustrasi Pengeras suara di masjid

BOGOR-RADAR BOGOR, Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat (21/4) mendatang. Keputusan itu ditetapkan Muhammadiyah.

Penetapan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu bersamaan dengan perayaan Idulfitri di Arab Saudi.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Bima Arya Bebaskan Warga Tanpa Masker

Dilansir dari laman Muhammadiyah, International Astronomical Union atau Pusat Astronomi Internasional yang bermarkas di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, memprediksikan berdasarkan perhitungan yang dilakukan tanggal 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023 M.

Di sebagian negara Timur Tengah, Bulan sabit muda (hilal) Syawal kemungkinan akan terlihat pada Kamis, 20 April, bertepatan dengan 29 Ramadan.

Namun, di beberapa bagian Asia dan Australia, ada kemungkinan hilal sulit terlihat pada tanggal tersebut.

Selain itu, Muhammadiyah merilis terkaot penentuan hari raya Idulfitri itu lebih cepat. Pelaksanaan lebaran berbeda satu hari dengan yang ditetapkan pemerintah Republik Indonesia.

“Pemerintah Indonesia berpedoman pada kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). Besar kemungkinan jumlah hari berdasarkan kriteria MABIMS ini 30 hari, sehingga 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023,” dikutip Radar Bogor dari situs Muhammadiyah.or.id. (*)

Editor: Imam Rahmanto