25 radar bogor

H-9 Lebaran! Harga Daging Ayam Merangkak Naik, Pembeli Masih Landai

Harga Daging Ayam
Pedagang daging ayam di salah satu pasar di Kota Bogor. Harga daging ayam H-9 jelang Lebaran merangkak naik. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, H-9 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah, geliat ekonomi mulai terlihat di sejumlah pasar tradisional di Kota Bogor. Sejumlah komoditi pun merangkak naik salah satunya daging ayam.

Baca Juga : Raperda Rumah Restorative Justice Kota Bogor Mulai Digarap, Ini Tujuannya

Seperti yang tampak di Pasar Bogor, Kecamatan Bogor Tengah pada Rabu (12/4/2023). Ratusan orang memadati kawasan ini untuk membeli kebutuhan dapurnya. Meski begitu, para pedagang mengkau kondisi pembeli masih landai.

Salah seorang pedagang daging, Putra mengungkapkan, belum adanya kenaikan jumlah pembeli di lapaknya. Sejumlah pembeli yang datang merupakan langganan tetapnya. “Masih biasa-biasa saja. Biasanya mulai ramai saat masuk H-7 lebaran,” ungkapnya.

Putra menyebut, kenaikan juga belum terjadi pada harga daging sapi yang masih bertahan di angka Rp140 ribu per kilogram (Kg). Begitu pula dengan harga tulang iga yang bertahan diharga Rp90 ribu per Kg.

Kenaikan juga tidak tampak terjadi pada komoditas yang acap jadi sasaran para pembeli. Salah seorang pedagang sayur, Aceng mengatakan belum ada kenaikan yang terjadi pada cabai, bawang, dan tomat.

“Cabai rawit harganya Rp30 ribu per Kg, cabai keriting Rp30 per Kg, tomat Rp10 ribu per Kg. Untuk bawang merah Rp30 ribu per Kg dan bawang putih Rp28 ribu per Kg,” bebernya.

Aceng mengungkapkan, landainya jumlah pembeli disebabkan banyaknya pembeli yang pulang kampung. Sehingga pembeli yang tersisa hanya berasal dari wilayah kota dan Kabupaten Bogor.

Berbeda dengan komoditas lain, harga daging ayam potong justru mulai merangkak naik. Salah seorang pedagangnya, Kemi menyebut harga daging ayam potong naik sebesar Rp2 ribu dari harga Rp33 ribu menjadi Rp35 ribu per Kg.

Baca Juga : Bima Ajak ASN Tunaikan Zakat di Baznas Kota Bogor

Sementara itu, menurut data Perumda Pasar Pakuan Jaya, harga minyak goreng saat ini berkisar Rp15-17 ribu perliter. Harga tertinggi pada minyak goreng kemasan premium yakni Rp17 ribu per liter. Harga telur ayam ras Rp29 ribu per Kg dan telur ayam kampung Rp2,5 ribu per butir.

Untuk tepung terigu dibandrol dengan harga Rp9,5 ribu per Kg, mentega Rp24 ribu per Kg, gula pasir curah Rp14 ribu sedangkan gula pasir kemasan Rp15 ribu per Kg. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep