25 radar bogor

Cegah Penipuan Sticker QRIS, DKM di Kota Bogor Diminta Lakukan Ini 

Sticker QRIS
Sticker QRIS di Masjid Balaikota Bogor. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, Ade Sarmili mengimbau pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Kota Bogor, memeriksa kevalidan seluruh sticker QRIS yang terpasang di area masjid.

Baca Juga : Waspadai Modus Penipuan Baru, Ganti Barcode QRIS Kotak Amal di Masjid

Imbauan itu dikeluarkannya, merespons tindak penipuan dengan modus mengganti barcode Sticker QRIS kotak amal dengan barcode palsu yang terjadi di Masjid Nurul Iman Blok M Square.

“Perkembangan teknologi yang baru justru digunakan sebagai modus kejahatan baru, oleh karena itu kami mengimbau seluruh DKM untuk memeriksa semua sticker QRIS apakah sudah sesuai dengan rekening DKM. Baik yang menempel di kotak amal maupun di dinding masjid,” ucapnya kepada Radar Bogor, Rabu (12/4/2023).

Dirinya menilai, penipuan tersebut dapat berdampak buruk karena membuat niat jemaah membantu pemeliharaan masjid justru beralih ke tangan jahat sang penipu.

Ade juga menyarankan agar pihak DKM memasang sticker QRIS di tempat-tempat tertentu saja dan diketahui oleh para pengurus DKM.

“Karena sticker QRIS yang terpasang di banyak tempat dapat menghilangkan estetika masjid, serta membuat kesan kotor dan kumuh. Ini juga memperbesar potensi penipuan,” terang dia.

Baca Juga : H-9 Lebaran! Harga Daging Ayam Merangkak Naik, Pembeli Masih Landai

Dirinya juga berpesan kepada para jemaah untuk tidak perlu takut bersedekah. Meski begitu, Ade mengingatkan masyarakat untuk senantiasa berhati-hati ketika ingin bersedekah dengan menggunakan metode QRIS. “Perlu ketelitian agar sedekah yang diberikan tepat sasaran dan tepat guna,” imbuhnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep