25 radar bogor

Ridwan Kamil Minta DKM Cek Rutin QRIS Kotak Amal Masjid

Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bentuk Tim Investigasi Terkait Masalah Ponpes Al Zaytun.

BOGOR-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta kepada semua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk rutin memeriksa kembali QRIS atau QR Code. Selama ini, QRIS menjadi akses digital bagi penyaluran infak dan sedekah dari jamaah di masjid.

Baca Juga: Waspadai Modus Penipuan Baru, Ganti Barcode QRIS Kotak Amal di Masjid

”Saya membaca di media sosial, terjadi modus baru, yaitu penjahat menempelkan stiker QR Code di kencleng-kencleng masjid. Sehingga saat niat jamaah ngencleng dengan digital ke rekening masjid, malah jatuhnya ke rekening penjahat,” kata lelaki yang akrab disapa Kang Emil ini.

Sebelumnya, ramai di dunia maya tentang seorang pria misterius mendatangi sebuah masjid di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pria tersebut mengganti QRIS di kotak amal dengan rekening lain.

Polisi telah menyelidiki kasus dugaan penggantian stiker pembayaran daring melalui kode QRIS dari milik tempat ibadah ke pihak lain oleh pelaku berinisial IML pada kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Ridwan Kamil mewanti-wanti jangan sampai penggunaan QRIS dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dia mengatakan, inilah saatnya semua DKM mengecek kencleng diperiksa di semua bagian masjid. Ia menegaskan agar jangan sampai QRIS yang bukan milik rekening kas masjid.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Pemberian THR Tak Boleh Dicicil

Pengecekan, kata dia, harus dilakukan setiap hari untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Tolong agar semua DKM yang ada kencleng digital, tolong selalu dicek tiap hari dan keamanan ditingkatkan jangan sampai pas jemaah niatnya ke masjid itu malah pindah ke rekening yang tidak berhak,” pungkasnya.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto