25 radar bogor

Resahkan Warga di Bulan Puasa, Petugas Razia Knalpot Brong

Satlantas Polres Bogor merazia kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong atau knalpot bising. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sat Lantas Polres Bogor merazia kendaraan bermotor yang kedapatan menggunakan knalpot brong atau knalpot bising.

Razia dilakukan di sejumlah titik di antaranya Simpang Pemda Cibinong, Gadog dan wilayah yang diindikasi banyak pengendara motor yang mengenakan knalpot tidak standar tersebut.

Baca Juga: Razia THM, Polisi Temukan Miras Ilegal dan Tes Urine

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, penertiban ini dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta tertib dalam berlalu lintas di bulan suci Ramadhan 2023.

“Seperti malam-malam sebelumnya, kami melaksanakan penertiban pada kendaraan yang menggunakan knalpot brong atau tidak standar tersebut. Sebanyak 45 kendaraan yang dapat kami sita dan amankan,” ujarnya, Selasa (11/3).

Dalam penertiban tersebut, petugas melakukan pencopotan knalpot secara langsung di lokasi razia, serta melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Kepada para pelanggar, kata Dicky, pihaknya juga memberikan arahan untuk tidak lagi menggunakan knalpot brong karena melanggar undang-undang yang berlaku.

“Disamping itu juga banyak sekali keluhan dari warga masyarakat dengan masih banyaknya kendaraan yang menggunakan knalpot tidak standar berkeliaran di jalan raya,” ungkapnya.

Sebab keresahan warga itu, pihaknya akan terus melakukan razia serupa. Disamping mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mematuhi aturan berlalu lintas dan berkendara.

Baca Juga: Razia Ramadan, Polisi Sita 20 Ribu Petasan Korek Api

“Besar harapan kita dapat mengajak para pengendara bermotor khususnya para remaja atau anak muda seluruhnya untuk bisa menjaga ketertiban umum dan menjaga kenyamanan bagi seluruh lapisan masyarakat lain,” tutup Dicky.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto