25 radar bogor

Baznas Kota Bogor Optimistis Himpun Zakat Rp1,3 Miliar

Ilustrasi zakat fitrah di Kota Bogor
Ilustrasi zakat fitrah di Kota Bogor. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Amil Zakat Nasional (Bazas) Kota Bogor optimistis dapat menaikkan capaian zakat Ramadan tahun ini 10 persen lebih banyak yakni Rp1,3 Miliar.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas Kota Bogor, Subhan Murtadla usai menerima zakat dari Wali Kota Bogor, Bima Arya di Balai Kota Bogor, Selasa (11/4).

Baca Juga: Plt Bupati Bogor Imbau ASN Tunaikan Zakat Lewat Baznas

Subhan mengatakan hal itu didasarkan pada upaya keras Baznas Kota Bogor membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di berbagai kluster di antaranya sekolah, masjid, dan yayasan. Sehingga mendorong antusias masyarakat berzakat di Baznas.

Pihaknya juga menyebar 50 duta zakat di seluruh mall yang ada di Kota Bogor untuk memudahkan masyarakat yang tidak sempat berzakat di UPZ.

“Adanya Peraturan Wali Kota (Perwali) dan Surat aedaran yang mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berzakat di Baznas menjadi dukungan yang kuat,” terang dia.

Subhan menjelaskan, masyarakat yang diwajibkan membayar zakat mal yakni memiliki gaji Rp4-5 juta per bulan. Besaran zakat mal yang ditetapkan ialah 2,5 persen dari akumulasi gaji selama 1 tahun.

Selanjutnya, Baznas menargetkan akan menyalurkan zakat tersebut kepada 1000 mustahik yang terdiri dari 250 guru ngaji, 500 pekerja lepas seperti penyapu jalan dan penjaga taman, serta pekerja lepas lainnya dengan nominal masing-masing Rp200 ribu.

“Rencananya zakat tersebut akan disalurkan di Masjid At Taqwa Balaikota Bogor pada Rabu (19/4) mendatang,” jelasnya.

Baca Juga: Kader Bagikan Zakat di Masjid, Bawaslu : Jangan Pakai Lambang Partai

Subhan mengimbau masyarakat untuk menyalurlan zakatnya melalui Baznas dengan mendatangi UPZ yang ada di sekolah, kantor kelurahan, dan mall. “Kami juga membuka gerai di Balaikota Bogor hingga Jumat (14/4) mendatang,” jelasnya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengimbau pada jajaran ASN menyisihkan hartanya untuk dizakatkan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui Baznas Kota Bogor.

“Insyaallah akan dikelola dengan amanah oleh Baznas Kota Bogor. Kami ingin baznas ambil bagian meringankan beban warga, membantu kalangan dhuafa, dan disalurkan kepadamyang berhak,” tutur Bima. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto