25 radar bogor

Waspadai Modus Penipuan Baru, Ganti Barcode QRIS Kotak Amal di Masjid

Pelaku penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. (Tangkapan layar)

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat harus lebih berhati-hati dan teliti dalam menyumbangkan dana ke masjid secara online melalui QRIS. Harus dipastikan nama dari tujuan itu bukan atas nama pribadi.

Baca Juga: Lubang Menganga di Jalan Raya Parung Celakai Pengendara

Hal itu yang menjadi perbincangan di media sosial usai video seorang pria viral mengganti stiker barcode untuk QRIS di masjid.

Seorang pria barcode QRIS kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan, Kamis, (6/4). Video rekaman CCTV itu dibagikan akun Instagram @redasamudera.id.

Terlihat pria berkacamata, kemeja navy lengan panjang, dan celana denim memantau situasi sekitar. Pria tersebut lantas menempelkan stiker QRIS miliknya ke beberapa kotak amal yang berjejer di masjid.

Hati-hati terutama para DKM masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan lt7,” tulis keterangan video dikutip Radar Bogor, Senin (10/4).

Dalam unggahan itu, ia juga memperlihatkan QRIS palsu yang dibawa pria tersebut bertuliskan “RESTORASI MASJID”. Sementara, QRIS asli milik masjid bertuliskan “MASJID NURUL IMAN BLOK M SQUARE”.

Akun tersebut juga menyampaikan bahwa aksi serupa diduga dilakukan pria tersebut di Masjid Nurullah Kalibata City. Hal itu diketahui setelah DKM melakukan pengecekan CCTV pada hari yang sama.

Baca Juga: Pelaku Penipuan Ratusan Mahasiswa IPB Divonis Penjara 3,5 Tahun

Pelaku pindah ke Masjid Nurullah Kalibata City. Nempelin juga QRIS,” tulisnya.

Informasi dihimpun, pelaku diduga pria berinisial IML yang beralamat di Desa Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru, Medan, Sumatera Utara. Beberapa identitasnya telah disebar netizen untuk segera ditangkap polisi. (*/net)

@radarbogor Hati Hati Modus Penipuan Baru, Qris Barcode Di Kotak Amal Diganti Orang Tak Dikenal #radarbogor #tiktokberita ♬ suara asli – Radar Bogor

Editor: Imam Rahmanto