25 radar bogor

Sungai Cileungsi Tercemar Limbah Lagi, Kadis DLH Bilang Begini

Ikan-ikan mati di sepanjang aliran Sungai Cileungsi yang tercemar limbah dan menjadi perhatian dari pihak KP2C, Jumat (7/4). (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Sungai Cileungsi kembali tercemar limbah, Ribuan ikan di sepanjang aliran sungai mati hingga mengambang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Ade Yana mengakui, sudah memerintahkan anak buahnya untuk mengecek sungai Cileungsi yang kembali tercemar limbah pabrik. Pihaknya bakal menelusuri penyebab matinya ikan-ikan itu.

Baca Juga:  Sungai Cileungsi Tercemar Lagi, Ribuan Bangkai Ikan Mengambang

Seperti kasus pencemaran Sungai Cileungsi sebelumnya, DLH Kabupaten Bogor berencana akan melakukan uji laboratorium.

“Saya sudah perintahkan kabid dan staf untuk cek ke lokasi, melakukan koordinasi, dan adakan uji laboratorium,” singkatnya saat dihubungi Radar Bogor, Minggu (9/4).

Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman sangat prihatin dengan kondisi sungai tersebut. Pihaknya mendapati di sepanjang aliran sungai tercemar limbah berat.

Pencemaran itu pun terlihat sejak Kamis (6/4) lalu. Dari laporan yang diterima KP2C, kondisi air sungai di beberapa titik mendapti bangkai-bangkai ikan yang mengambang.

“Selain Sungai Cileungsi, Kali Bekasi juga tercemar,” paparnya.

KP2C pun berharap pemerintah segera menyelidiki penyebabnya.(*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto