25 radar bogor

Sepuluh Masjid di Indonesia Terima Nabawi Award dari ICMI Pusat

Masjid Andalusia Sentul, Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 10 masjid di Indonesia menerima Nabawi Award yang dilaksanakan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam rangkaian acara Nuzulul Quran 1444 H/2023 M yang digelar Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (8/4).

Sepuluh masjid itu yakni Masjid Subulussalam Al Khoory Unismuh Makassar, Masjid Andalusia Sentul, Masjid Ukhuwah Islamiyah UI, Masjid Alhurriyah IPB, Masjid Baiturrahman Sumbar, Masjid Al Markaz Al Islami Makassar, Masjid Nurul Muttahidah IMMIM, Masjid Manarul Ilmi ITS, Masjid Kampus UGM, dan Masjid Istiqomah Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ridwan Kamil Desain Masjid di Samping Danau Lido, Begini Konsepnya

Penyerahan penghargaan dilakukan Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria, bersama Sekjen ICMI Andi Yuliani Paris, kepada perwakilan dari masing-masing masjid yang meraih penghargaan.

Salah satu dari masjid tersebut adalah Masjid Raya Andalusia yang berlokasi di Jalan Ir H Juanda, Kompleks Andalusia Islamic Center, Sentul City, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Masjid Andalusia digagas oleh Yayasan Tazkia yang dipimpin oleh M. Syafii Antonio, bankir mualaf yang merupakan pakar ekonomi syariah. Masjid Andalusia berdiri di atas lahan seluas satu hektare dengan luas bangunan masjid 1,250 meter. Masjid tersebut mampu menampung jamaah sekitar 2500 orang.

Masjid tersebut memiliki empat menara dan berdiri sejak 2012. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Andalusia juga dipakai untuk kegiatan-kegiatan ekonomi, misalnya pelatihan kerajinan dan pemberdayaan masyarakat.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto