25 radar bogor

Jatuh Bangun Gereja di Kota Bogor, Mendagri: Jangan Kalah

Peresmian Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Pos Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu (9/4). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Umat nasrani kini bisa beribadah dengan tenang. Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Pos Bogor Barat sudah resmi bisa digunakan, Minggu (9/4).

Peresmian gereja menjadi sesuatu yang istimewa. Karena bertepatan dengan Perayaan Paskah.

Baca Juga: Akhirnya GKI Pengadilan Diresmikan, Bima Arya Menyesal dan Bahagia

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hadir secara langsung untuk memastikan peresmian tersebut.

Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi kegigihan Wali Kota Bogor Bima Arya dalam upaya penyelesaian konflik panjang eks GKI Yasmin tersebut selama 15 tahun.

“Saya memahami betul langkah beliau bergerak di pusat, bergerak door to door, dan tidak kenal berhenti sehingga akhirnya bisa memediasi semua pihak,” puji Tito.

Oleh karenanya, penyelesaian GKI Pengadilan ini dapat menjadi pelajaran. Suatu masalah termasuk masalah pembangunan dan pendirian tempat ibadah bisa diselesaikan dengan cara-cara yang baik.

“Tanpa konflik, dengan kepemimpinan yang baik, manajemen yang baik, koordinasi yang baik, dan mampu merangkul semua pihak sehingga ditemukan titik temu yang baik juga,” tekan Tito.

Tito sekaligus meminta kepala daerah untuk menjaga pluralisme, toleransi, keberagaman, termasuk masalah kebebasan untuk memeluk agama dan menunaikan ibadah sesuai agama kepercayaannya.

Baca Juga: Pembangunan Gereja GKI Pengadilan, Menag Sebut Sejarah Kota Bogor dan Indonesia

“Karena itu sudah diatur dalam konstitusi kita. Jangan kalah dengan pihak yang bertentangan dengan itu,” imbuh dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto