25 radar bogor

Jalan Rusak Gara-gara Saluran Air, Pemdes Janji Perbaiki

Kondisi jalan yang berada di Kampung Susukan RT 04/07, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung amblas. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Jalan yang berada di Kampung Susukan RT 04/07, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung masih amblas. Perbaikan harus menjangkau saluran air yang menyebabkan jalan itu rusak.

Jalan desa itu baru saja usai dibangun dari program Satu Miliar Satu Desa (Samisade). Namun, sudah muncul lubang berdiameter sekira satu meter.

Baca Juga: Jalan Rusak Tak Dibenahi, Kades Tonjong Bakal Diperiksa Polisi

Menurut warga sekitar, Apay, kondisinya sudah terjadi sejak lama. Bahkan, belum ada perbaikan hingga kini. “Ini kondisinya sebelum dibangun jalan juga sudah rusak,” cecarnya.

Menurut dia, akses jalan itu cukup vital dan dikhawatirkan terjadi kecelakaan. Apalagi posisinya berada di tanjakan.

“Khawatir kalau ada kendaran dari bawah menuju atas, takut masuk ke lubang. Karena tidak kelihatan kalau posisi di bawah,” cemasnya.

Staf Pemerintah Desa Cisarua, Isep Firdaus mengatakan, irigasi yang berada di bawah jalan itu tersumbat lumpur tanah. Oleh karena itu, lumpur harus dibersihkan.

“Itu tersumbat oleh lumpur dan harus di buang dulu. Karena kalau diperbaiki juga, kekuatannya tidak akan lama. Makanya harus bersihkan dulu salurannya,” kata Isep.

Isep mengungkapkan, tahun 2022 usulan perbaikan irigasi tidak masuk dalam program anggaran. Namun, pemerintah desa bakal memperbaikinya menggunakan dana pribadi kepala desa (kades).

“Saat pembangunan jalan untuk irigasi tidak dianggarkan dan sebelumnya kami pernah perbaiki. Pakai besi secara sukarela oleh kepala desa,” bebernya.

Baca Juga: Bima Arya Ngabuburit, Malah Disuguhi Jalan Rusak

Dia berharap, masyarakat sekitar bisa menjaga lingkungan dan pihak pemdes akan berusaha supaya jalan segera diperbaiki.

“Akses jalan seharusnya milik pemerintah daerah (Pemda) saat ini masuk aset desa. Tapi kami bakal dorong kembali supaya cepat diperbaiki,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto