25 radar bogor

Suka Bikin Konten Digital? Begini Cara Jadi Netizen Bijak di Sosial Media

Ilustrasi: Konten digital.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Kominfo, bersama DPR RI kembali menggelar seminar online Ngobrol Bareng Legislator dengan dengan ‘Berani Baik Lewat Konten Digital’ pada Selasa, 4 April 2023.

Lewat seminar ini, diharapkan dapat menghindarkan masyarakat dari pengaruh atau perilaku negatif dari penggunaan ruang-ruang digital.

Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan mengungkapkan, media sosial saat ini menjadi wadah baru bagi masyarakat menyuarakan hal apapun, dengan jangkauan lebih luas serta kekuatan dalam menggalang beragam aksi dari seluruh dunia.

Namun, sebagai netizen dia berharap masyarakat Indonesia selalu membagikan hal-hal positif serta tidak sembarang berkomentar atau mengunggah sesuatu konten yang tidak jelas asal-usulnya.

“Jadilah netizen yang baik, bijak dalam menggunakan waktu dengan melakukan hal yang bermanfaat dan tidak menimbulkan hal negatif, membuat postingan yang baik komentar, copy paste dan share media sosial akan berdampak baik untuk diri sendiri,” kata Krisantus.

Selain itu, berpikir hal posotif, menjaga aib diri dan keluarga dengan tidak mudah menyampaikan curahan hati dan rahasia menjadi konsumsi masyarakat di sekitar.

“Berbuat baik menggunakan media sosial, jika tidak pandai dalam mengambil manfaatnya maka akan tersakiti dengannya dan akan terbunuh olehnya, gunakan sosial media sebaik-baiknya dengan memanfaatkan sosial media sebagai tempat yang baik, saling mengingatkan dalam kebaikan, saling menghormati dan membantu yang membutuhkan,” lanjutnya.

Sementara Pemimpin Redaksi anterokini.com, Dr Uzair menyebut bahwa berani merupakan sikap atau tindakan dengan keberanian, integritas, tekad kuat untuk kebaikan orang lain dan lingkungan sekitar.

“Berani baik dapat dilakukan berbagai macam cara, seperti memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan, dukungan moral dan tindakan positif terhadap masyarakat sekitar. Konten digital adalah segala jenis informasi atau materi yang disajikan dalam bentuk digital, seperti teks, gambar, audio dan video,” kata dia.

Sehingga, masyarakat perlu memahami langkah-langkah dalam meciptakan konten digital, dengan menentukan tujuan target audiens, riset dan mengembangkan ide, membuat konten yang berkualitas. Menggunakan media yang tepat dalam mempromosikan suatu produk dan selalu mentoring dalam melakukan evaluasi. (ran)