25 radar bogor

Cek Pembangunan TPT Katulampa, Anggota Dewan Ini Ingin Pastikan Pengerjaannya Cepat

TPT Katulampa

BOGOR-RADAR BOGOR, Anggota Fraksi PPP DPRD Kota Bogor, Rizal Utami mengecek lokasi longsor di Jalan Parung Banteng RT 04 RW 01, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur.

Baca Juga : Penanganan Longsor Katulampa Diambil Alih Dinas PUPR, Bakal Bangun Turap

Kedatangan Rizal, tak lain untuk memastikan agar pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di jalan vital yang menghubungkan antara Kelurahan Katulampa dan wilayah Sukaraja, Kabupaten Bogor itu segera dikerjakan.

“Saya ingin memastikan agar pembangunan TPT oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera dilaksanakan,” kata Rizal, Jumat (7/4/2023).

Menurut dia, permintaan untuk pembangunan TPT di tempat tersebut sebenarnya sudah diusulkan dalam Musrenbang 2021 atas aspirasi masyarakat saat reses DPRD. Namun, lantaran lahan tersebut merupakan milik BPSDA Jawa Barat, sehingga Pemkot Bogor tak bisa langsung melakukan intervensi.

“Karena itu kami langsung berupaya mendorong melalui Fraksi PPP di DPRD Jawa Barat, juga meminta Pemkot Bogor segera berkomunikasi dengan BPSDA untuk perbaikan,” ucap dia.

Saat ini, kata Rizal, BPSDA Jawa Barat telah memberikan izin kepada Pemkot Bogor untuk melakukan perbaikan lokasi longsor di Katulampa itu menggunakan APBD.

“Saya sangat berterimakasih kepada Ibu Rena selaku Kepala Dinas PUPR yang sudah ikut jemput bola ke provinsi untuk menangani permasalahan ini,” kata dia.

Rizal meminta agar Dinas PUPR dapat melaksanakan pembangunan TPT tepat waktu lantaran jalan tersebut merupakan jalur vital bagi warga Katulampa.

“Kalau tidak dikerjakan secara cepat kami khawatir akan ada longsor susulan. Kami berharap agar sebelum Lebaran sudah dapat selesai,” ucap dia.

Lebih lanjut, Rizal meminta baik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemkot Bogor harus bersinergi dalam menangani bencana.

“Saya berharap mesti ada sinergitas dalam penanganan bencana. Secara pribadi saya pun berterimakasih kepada BPSDA yang telah mengizinkan Pemkot melakukan perbaikan,” ucapnya.

Baca Juga : Jalan Bendung Katulampa Terancam Putus, Terus Tergerus Longsor 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan bahwa pembangunan TPT setinggi 15 meter dengan lebar 9 meter di Katulampa itu sudah mulai dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp190 juta, yang berasal dari anggaran pemeliharaan pada Dinas PUPR.

“Pekerjaan ditarget rampung dalam sebulan. Tapi mudah-mudahan bisa lebih cepat,” ucapnya. Diketahui, tebingan di Jalan Parung Banteng mengalami longsor sebanyak dua kali. Pertama terjadi pada 2021, dan yang terakhir di 14 Maret 2023.(ded)