25 radar bogor

Uji Coba Rekayasa Lalin Jembatan Otista Tunggu Proses Lelang Selesai

jembatan otista
Kondisi lalu lintas di Jembatan Otista Kota Bogor. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Uji coba rekayasa lalu lintas (Lalin), dampak dari revitalisasi Jembatan Otista akan diterapkan dalam waktu dekat. Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut uji coba akan berlangsung setelah semua proses lelang selesai.

Baca Juga : Pemenang Tender Jembatan Otista Pernah Masuk Daftar Hitam

“Kami masih menunggu proses lelang selesai. Memang sudah dapat pemenang, tapi masih ada masa sanggah. Begitu ada kepastian akan kami koordinasikan,” ucapnya di Mako Polresta Bogor Kota, Kamis (6/4/2023).

Dirinya mengatakan, Pemkot Bogor berusaha agar uji coba rekayasa lalin Jembatan Otista berlangsung pada bulan Ramadan. Namun ia belum dapat menyebutkan waktu pasti pelaksanaannya.

“Karena masih tergantung pada tahapan-tahapan yang berjalan. Masih ada masa sanggah. Kalau banding agak panjang (proses pelaksanaan uji coba),” terang Bima.

Dirinya berharap, semua tahapan dapat berjalan lancar sehingga uji coba atau simulasi rekayasa lalin dampak pembangunan Jembatan Otista dapat dimulai sebelum Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

Rekayasa lalin yang diterapkan berdasarkan informasi dari website resmi korlantas.polri.go.id Satlantas Polresta Bogor Kota, kendaraan dari Simpang Tugu Kujang sampai dengan Simpang Amaris dibuat dua arah.

Arus dari arah Baranangsiang menuju seputaran lokasi Botani berputar di Simpang Tugu Kujang. Kemudian arus dari arah Jalan Bangka belok kanan selanjutnya dapat ke Baranangsiang atau belok kiri ke Amaris.

Sementara, kendaraan dari Simpang Amaris sampai dengan Simpang Denpom dibuat satu arah berbalik dengan kondisi eksisting. Arus yang dari arah Jalan Salak tidak ada yang belok kiri ke arah Amaris, semua belok kanan ke arah Denpom

Kemudian di Simpag Denpom arus dari arah Amaris semuanya belok kanan ke arah Jalan Sudirman dan arus dari arah Jalan Juanda semuanya belok kiri ke arah Jalan Jenderal Sudirman. Tidak ada kendaraan yang masuk ke Jalan Jalak Harupat.

Kendaraan dari Simpang Denpom sampai dengan Simpang Warung Jambu dibuat satu arah. Di Simpang Air Mancur arus dari arah Simpang Denpom dapat melalui Jalan Pemuda-Jalan Dadali-Simpang Warung Jambu atau Jalan A. Yani- Simpang Warung Jambu. Di Simpang Warung Jambu tidak ada kendaraan yang masuk menuju ke arah Simpang Air Mancur.

Baca Juga : Masuk Tahap Lelang, Jembatan Otista Dibangun Sepekan Setelah Lebaran

Lalu arus yang dari arah Jalan RE Martadinata semuanya belok kiri ke arah Warung Jambu tidak ada yang mengarah ke Simpang Denpom

Di sisi lain arus dari arah Jalan NV Sidik dapat belok kanan ke Jalan Siliwangi atau belok kiri ke Jalan Suryakencana. Dari Simpang Ahoy sampai dengan Simpang Suryakencana diberlakukan satu arah berbalik dengan eksisting. (fat)