25 radar bogor

Senyum Airlangga untuk Ifa Faizah Melihat Produk Kreatif Santri

Safari Ramadan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartanto di Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Purwakarta. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Safari Ramadan Airlangga Hartanto di Purwakarta membekas. Terlebih saat berkunjung di Pondok Pesantren Al-Muhajirin.

Raut berseri bangga Airlangga menebar terus di depan ribuan santri dan pengasuh pondok pesantren saat menyaksikan produk-produk kreatif olahan santri dan pondok pesantren di Purwakarta.

Menko Perekonomian Republik Indonesia itu tampak bangga ketika Ketua Yayasan Pondok Pesantrean Al-Muhajirin Purwakarta Ifa Faizah Rohmah mengajak keliling melihat hasil produk santri.

Baca Juga: Airlangga Hartanto Siapkan Kader Golkar Pengganti Zainudin sebagai Menpora

Terlihat ketakjuban Airlangga saat menyisir satu per satu produk kreatif yang dipamerkan Ifa Faizah yang juga calon DPD dari Dapil Jawa Barat ini. Ketakjuban Airlangga terus menebar saat menyalurkan bantuan sosial kepada Pondok Pesantren Al+Muhajirin Purwakarta.

Kunjungan dilakukan usai giat seminar Sinergi dan Kolaborasi Keuangan Inklusif bagi Pondok Pesantren, Rabu 5 April 2023. Turut hadir dalam giat tersebut perwakilan dari 50 pondok pesantren pegiat ekonomi, serta 100 orang dari Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Purwakarta dan Koperasi.

Hadir juga dalam giat tersebut Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan, Dr Ferry Irawan, direksi beberapa BUMN dan beberapa mitra usaha.

Dalam sambutan, Ketua Yayasan Al Muhajirin, Ifa Faizah Rohmah menyampaikan, pesantren memiliki potensi yang sangat berpotensi dalam pengembangan ekonomi, karena memiliki sumberdaya alam yang sangat bisa diarahkan.

“Tinggal SDM-nya dilatih, manajemen keuangannya dan keterampilannya,” ujar Ifa Faiza yang juga calon DPD RI dari Dapil Jawa Barat itu.

Di Koperasi Pondok Pesantren Al Muhajirin sendiri, lanjut Ifa, sudah membuat berbagai produk dan saat ini sudah masuk pasar umum termasuk pasar luar negeri.

Hal ini dilakukan untuk menunjukan bahwa santri memang memiliki potensi yang bisa sikembangkan, baik menciptakan produk maupun menejemen keuangan.

“Selain fungsi pendidikan, pesantren juga memiliki fungsi sosial ekonomi dan fungsi dakwa. Ketiganya harus diimplementasikan dengan baik,” ujar muslimah inspiratif asal Purwakarta ini

Teh Ifa yang terkenal sebagai sosok penggerak ekonomi kreatif dari pondok pesantren ini berharap, seminar tersebut bisa mempererat kerjasama antara pondok pesantren, para pelaku ekonomi kreatif dan pemerintah.

Baca Juga: Jokowi Sindir Menterinya yang Nyanyi-Nyanyi, Airlangga :  Mohon Maaf, Siap Salah!

“Semoga dengan seminar ini menjadi bagian edukasi dan kolaborasi pemerintah khususnya di Kementerian Ekonomi dengan para penggiat ekonomi pesantren dan ekraf lebih maju dan berkah,” ujar Ifa.

Setelah itu, disampaikan tausiah oleh pimpinan Pondok Pesantren Almuhajirin KH Abun Bunyamin. Dia memberikan nasehat untuk menguatkan niat tentang tujuan menjadi umat yang kuat.

“Tekad kita harus senantiasa maju. Dengan maju kita dibantu jangan menunggu dibantu baru maju,” ujar KH Abun Bunyamin.(*/ric)

Editor: Imam Rahmanto