25 radar bogor

Aktifkan Polisi RW Untuk Jaga Rumah Kosong Saat Ditinggal Mudik

Ilustrasi curhatan oknum brimob
Ilustrasi polisi RW

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, bersama Polresta Bogor Kota berencana mengaktifkan kembali Polisi RW selama masa mudik Lebaran 2023.

Baca Juga : Pengamanan Lebaran, Awasi Terminal Baranangsiang dan Rumah Pemudik

Wali Kota Bogor, Bima Arya menerangkan rencana tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Polisi RW itu nantinya akan bertugas menjaga lingkungannya dari ancaman kejahatan.

Terlebih di masa mudik lebaran banyak rumah-rumah warga yang ditinggal pemiliknya pulang ke kampung halaman.

“Hari Sabtu (8/4/2023) akan diaktifkan kembali bersama Kapolresta Bogor Kota. Jumlahnya sebanyak 591 Polisi RW. Mereka akan bertugas untuk memastikan Kamtibmas terjaga dengan baik,” ujar Bima usai mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral bidang operasional pada Kamis (6/4/2023).

Kapolresta Bogor Kota, Bismo Teguh Prakoso mengatakan, pihaknya akan menggelar patroli rutin ke permukiman warga memantau rumah-rumah kosong. “Tujuannya sebagai solusi terhadap berbagai masalah kamtimbmas di lingkungan masing-masing. Kami akan memetakan itu semua,” tegas Bismo.

Selain itu, persiapan menyambut Idulfitri 1444 Hijriyah juga dilakukan pihaknya dengan membentuk 6 Pos Pengamanan (PAM) dan s1 pos terpadu untuk menyiagakan titik kerawanan di Kota Bogor.

Baca Juga : Mesi Libur Lebaran, Peserta JKN Bisa Akses Layanan Kesehatan

“Nanti pos itu disiagakan di berbagai titik kerawanan untuk mengamankan rangkaian kegiatan Idulfitri. Mulai dari malam takbiran, kondusifitas pelaksanaan salat Ied, pasar, sentra perbelanjaan, perbankan, tempat rekreasi, serta tempat ziarah,” jelas Bismo.

Ia pun akan mengamankan ruas-ruas jalan agar tidak terjadi kecelakaan akibat kecepatan kendaraan berlebih yang kerap timbul karena sepinya kondisi jalan. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep