25 radar bogor

Prediksi Terbaru, Puncak Arus Mudik Lebaran Terjadi pada 21-22 April 2023

Sejumlah kendaraan melintas di salah satu jalur tol di Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan prediksi terbaru arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Hasil penelitian terkini, diperkirakan terjadi pergeseran waktu puncak arus mudik.

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran yang Nyaman dan Aman Untuk Anak

Hal itu disampaikan Firman setelah penutupan gelar Tactical Floor Game (TFG) bersama Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan stakeholder terkait lainnya.

“Diperkirakan satu puncak arus mudik dan dua puncak arus balik,” kata Firman di Gedung NTMC Polri, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (5/4).

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani Polri, Kementerian PUPR, dan Kemenhub, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada Kamis dan Jumat 21-22 April 2023. Prediksi ini mundur dari perkiraan awal.

Kemudian, puncak arus balik diprediksi akan terjadi dua kali. Pertama pada 25-26 April 2023. Lalu, gelombang kedua pada 30 April sampai 1 Mei 2023.

“Sehingga kami akan segera menugaskan beberapa perwira pengawas dan jajaran karena bergelar di seluruh jalan tol itu sudah mulai pasca gelar pasukan pada tanggal 17,” pungkasnya.

Diketahui, Polri sebelumnya memprediksi puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023 akan terjadi pada 19 sampai dengan 21 April 2023. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek, petugas akan memberlakukan sistem oneway.

“Kami pihak Kepolisian akan memberlakukan sistem oneway pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (3/4).

Baca Juga: Polresta Bogor Kota Buka Pendaftaran Mudik Gratis, Ini Titik Tujuannya

Sandi melanjutkan, untuk puncak arus balik akan terjadi dua kali yakni pada 24 sampai 25 April 2023 atau H+2 dan H+3 lebaran, dan 29 April hingga 1 Mei 2023. “Nanti juga akan diberlakukan sistem oneway untuk arus balik, mulai dari KM 414 hingga KM 72,” imbuhnya.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto