25 radar bogor

KEK Lido, Camat : Warga Jangan Hanya Jadi Penonton

KEK Lido
Peresmian KEK Lido oleh Presiden Jokowi.

CIGOMBONG- RADAR BOGOR, Camat Cigombong, Irwan Somantri berharap agar Keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor bisa dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga : KEK Lido Dapat Suntikan Investasi Rp40 Triliun

Ia meminta agar masyarakat Cigombong tidak hanya sebagai penonton semata. “Jangan sampai hanya menjadi penonton saja,” katanya kepada Radar Bogor Rabu (5/4/2023).

Kata dia, dengan keberadaan KEK Lido Cigombong ini diharapakan membawa dampak perubahan bagi masyarakat di wilayahnya.

“Harapannya, agar keberadaannya bisa dirasakan oleh masyarakat Cigombong dan membawa dampak perubahan yang lebih baik kedepannya baik perekonomian, lapangan, pekerjaan, peningkatan kualitas pendidikan,” tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor menjadi pusat ekonomi kreatif terbesar di Asia Tenggara.

Hal itu dikatakan usai melakukan kunjungan ke temu gubernur dengan peserta didik juga guru di SMA, SMK, SLB SE Kabupaten Bogor di SMAN 1 Cigombong.

Kepada Radar Bogor, gubernur yang akrab disapa kang Emil itu mengatakan KEK Lido menjadi KEK pertama di Jawa barat.

“Investasinya ini (KEK Lido) Rp40, triliun, pusat ekonomi kreatif terbesar di Jawa barat,” katanya kepada Radar Bogor Jumat (31/3/2023).

Adapun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (31/3/2023).

Dalam sambutanya, Jokowi menyebut KEK Lido memiliki beragam fasilitas pendukung dan rencana pembangunan yang lengkap. Di antarnya Tol Jagorawi yang terhubung ke Tol Bocimi.

Adapun dalam di KEK Lido juga akan ada theme park-nya, villa, waterpark, technopark, dan ada kawasan untuk otomotif.

Jokowi berharap, dengan keberadaan KEK Lido, masyarakat Indonesia tidak perlu lagi liburan ke luar negeri. Dengan demikian, bisa menghemat devisa yang pergi ke negara lain. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep