25 radar bogor

Warga Etnis Tionghoa Berbagi Makanan Buka Puasa

Puluhan warga etnis Tionghoa membagikan makanan untuk buka puasa di Jalan Raya Lapan Desa Sukamulya, Rumpin, Selasa (4/4). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

RUMPIN-RADAR BOGOR, Puluhan warga etnis Tionghoa menggelar aksi membagikan makanan buka puasa kepada warga dan tetangga di Jalan Raya Lapan Desa Sukamulya, Rumpin, Selasa (4/4).

Ketua Perkin Rumpin Ellin mengungkapkan, aksi berbagi ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan warga etnis Tionghoa yang tergabung dalam komunitas Perempuan Khonghucu Indonesia (Perkin) perwakilan Rumpin, Pemuda Khonghucu Indonesia (Pakin), dan Sekolah Minggu Litang.

Baca Juga: Perdana, Ratusan Warga Binaan Lapas Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Kegiatan dilakukan untuk meningkatkan rasa toleransi antar etnis yang selama ini terpelihara setiap tahun.

“Keinginan kami bisa berbagi lebih sering lagi dan ini wujud toleransi dengan sesama sejak dahulu kala,” kata Ellin.

Aksi berbagi ini mendapat sambutan positif bagi warga sekitar. Mereka mengaku senang sekaligus takjub karena warga Tionghoa mau menyisihkan rejekinya untuk saling berbagi saat momen Ramadan.

“Bagus ya, Ramadan kan berkah bagi sesama, jadi warga lain juga bisa ikut bersikap,” ungkap Rani.

Ketua RW 06 Desa Sukamulya, Munzir Tamam mengaku aksi warga etnis Tionghoa merupakan wujud toleransi budaya yang terpelihara. Kegiatan ini sudah berlangsung rutin bertahun-tahun setiap Ramadan.

Ia menjelaskan, warga etnis Tionghoa yang tinggal di kawasan Rumpin jumlahnya tidak banyak. Umumnya mereka adalah pindahan warga dari kawasan Suryakencana Kota Bogor yang memilih kegiatan bertani di pedesaan.

Baca Juga: Aura Kasih Curhat di Acara Buka Puasa, Soal Dituding Pindah Agama

“Bagus ini wujud toleransi, meski mereka bukan umat muslim, tetapi rela berbagi bersama kita yang muslim,” kata Munzir.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto