25 radar bogor

Puskesmas Gunungsindur Kumpulkan Dokter Kecil dari Lima Sekolah, Ini Dia Kegiatannya

BOGOR–RADAR BOGOR, Puskesmas Gunungsindur mengadakan seminar kesehatan ramadan dengan tema “fun’s and trend dokter kecil”,  Sabtu (1/4/2023).

Acara yang dihadiri dokter kecil (dokcil) dari lima sekolah binaan wilayah Puskesmas Gunungsindur, di antaranya SDN Cidokom 2, SDN Gunungsindur 1, SDN Curug 1, SDIT Permata Madani dan SDIT Darul Quran diisi dengan beragam kegiatan dan materi.

Baca Juga: Vaksin Polio Serentak, Puskesmas Curug Jasinga Sasar 2866 Anak

Beberapa pemateri seperti Dokter Fitri Nurochmah, Lela Mustikawati, menyampaikan materi mengenai UKS dan PHBS, serta dr M Toyo Burrahim, yang menyampaikan materi mengenai adab dan pergaulan pra remaja dari segi kesehatan dan agama.

Seperti harapan Kepala Puskesmas Gunungsindur dr. Unang Wahyudin dalam sambutannya, bahwa hari ini mungkin mereka para dokter kecil, tapi suatu hari nanti mereka akan menjadi dokter sungguhan, yang tentu akan menjadi regenerasi di dunia kedokteran.

Acara ini diinisiasi Bidan Shelviana Handayani sebagai pemegang program AUSREM (anak usia sekolah dan remaja) Puskesmas Gunungsindur, yang juga turut didukung para remaja yang tergabung dalam KEJORA (kelompok remaja konselor sebaya) Puskesmas Gunungsindur.

“Dokter kecil Puskesmas Gunungsindur sendiri, sudah rutin dilakukan pembinaan setiap bulannya. Maka di ramadan ini, menjadikan momen untuk semakin lebih dekat dengan para dokter kecil juga besar harapan kami acara tersebut dapat membuat perubahan baik dalam ilmu dan sikap terhadap orangtua, guru, dan teman sebaya,” jelas Inisiator Acara, Bidan Shelviana.

Menurut Bidan Shelviana, kesuksesan acara tak terlepas dari dukungan banyak pihak, terutama para kepala sekolah, guru UKS, dan wali murid dari para dokter kecil.

Acara yang dimulai dengan salat duha bersama dipimpin kepala puskesmas, kegiatan games yang menambah keseruan, serta do’a dan muhasabah. Lalu, menulis surat cinta untuk ayah bunda dan ditutup buka puasa bersama, salat magrib dan makan bersama.

Baca Juga: Dokter Kecil Unjuk Kebolehan

Acara ini sangat diapresiasi positif wali murid dari para dokter kecil. Seperti tagline dokter kecil Puskesmas Gunungsindur, para dokter kecil sehat, cerdas, dan ceria.(*/pia)

Editor: Pipin