25 radar bogor

Jangan Asal Sebar Data Pribadi di Medsos, Begini Tips Amannya…

Ilustrasi. Cara aman menjaga data pribadi di sosial media.
Ilustrasi. Cara aman menjaga data pribadi di sosial media.

BOGOR-RADAR BOGOR, Direktur oktana.id, Mohammad Noviyanto membagikan tips aman dalam menjaga data pribadi.

tips tersebut di antaranya menjaga privasi saat menggunakan wifi umum, berhati-hati dengan link yang belum jelas asal-usulnya, dan berhati-hati memilih teman di media sosial (medsos).

Selain itu, amankan ponsel dan komputer dengan sandi yang aman dan kuat, serta bijak dalam membuat konten di medsos.

Ia menjelaskan, pengguna digital perlu memahami kompetensi keamanan digital.

Kompetensi itu di antaranya meliputi pemahaman terkait perangkat digital, identitas digital, penipuan digital serta rekam jejak digital, dan pemahaman keamanan digital.

“Tingginya aktivitas digital juga membuka potensi buruk, seperti penipuan dan pencurian akun. Sehingga, diperlukan pemahaman masyarakat terkait keamanan digital,” pesannya dalam seminar online Ngobrol Bareng Legislator bertajuk ‘Jangan Asal Sebar Data Pribadi, Selasa 4 April 2023.

Selanjutnya, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih menjelaskan, sebagai masyarakat kita perlu melindungi data pribadi.

Tujuannya, untuk menghindari ancaman kejahatan dunia maya termasuk Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO), mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, menghindari potensi pencemaran nama baik, serta hak kendali atas data pribadi.

Untuk itu, terdapat upaya dalam melindungi data pribadi, seperti membuat password yang kuat, mengaktifkan fitur otentifikasi dua faktor, menerapkan enkripsi data, menggunakan incognito mode ketika menggunakan komputer umum, dan mengaktifkan tracker bloker.

“Termasuk membersihkan cookies secara berkala, dan juga selalu hati-hati dalam memberikan izin,” terangnya.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara beraktivitas dan bekerja.

Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat semakin mempertegas kita sedang menghadapi era disrupsi teknologi.

Untuk mengahadapi hal tersebut, semua pihak harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia.

“Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi. Kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar, serta menjadi unggul dalam segi SDM,” tandasnya. (ran)