25 radar bogor

Sepak Terjang Dito Ariotedjo, Calon Menpora Pilihan Jokowi

Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo bakal diperiksa Kejagung terkait kasus korupsi BTS.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Teka teki siapa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali, terjawab sudah. Ia adalah Dito Ariotedjo politikus Partai Golkar.

Baca Juga : Jokowi Beri Sinyal Reshuffle Kabinet Usai Kekosongan Kursi Menpora

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Dito Ariotedjo sebagai Menpora di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). Dito akan menggantikan Zainudin Amali yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pelantikan rencananya dilakukan sekitar pukul 16.00 WIB. “Iya, hari ini pelantikan,” ujar sumber di pemerintahan.

Dito Ariotedjo merupakan seorang pengusaha muda, yang menggeluti berbagai bidang. Tidak sedikit berbagai jenis usaha yang ia rintis, mulai dari usaha pada bidang energi, pertahanan, coworking space, dan start-up yang tergabung dalam sebuah induk perusahaan bernama Grupara Ventures.

Selain itu, Dito Ariotedjo juga menjadi Komisaris Utama di sejumlah perusahaan, yaitu PT. Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

Dalam organisasi kepemudaan, Dito Ariotedjo yang merupakan juru bicara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada 2019 aktif Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Selain aktif di AMPI, Dito juga aktif di HIPMI Jaya (Jakarta Raya) sejak tahun 2010, dan menjabat sebagai ketua pada tahun 2016. Saat ini, Dito menjabat sebagai Dewan Kehormatan HIPMI Jaya. Selain itu dirinya juga terlibat sebagai Ketua PPK Kosgoro 1957 dan Anggota Dewan Penasehat PP Perbasi.

Baca Juga : Airlangga Hartanto Siapkan Kader Golkar Pengganti Zainudin sebagai Menpora

Dalam bidang olahraga, Dito Ariotedjo bersama Raffi Ahmad, dan juga CEO Prestige Motor, Rudy Salim pada 2021 berkolaborasi membentuk dan membesarkan Rans Sport. Dito kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC

Kemudian pada April 2022, Dito Ariotedjo dipercaya untuk masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Dito merupakan anggota tim ahli yang termuda dari tujuh anggota lainnya. (jpg)

Editor : Yosep