25 radar bogor

Ratusan Santri Saung Qur’an Alfa Rizqie Ikuti Sanlat Ramadan

Saung Qur’an Alfa Rizqie
Para santri Saung Qur’an Alfa Rizqie mengikuti pembukaan kegiatan Sanlat Ramadan 1444 Hijriah di Masjid Baitur Rahmat, Minggu (2/4/2023).

BOGOR—RADAR BOGOR, Ratusan santri Saung Qur’an Alfa Rizqie, berkumpul di Masjid Baitur Rahmat, Minggu (2/4/2023) sore. Kehadiran mereka, untuk mengikuti kegiatan pesantren kilat (sanlat) ramadan yang memang rutin diadakan Saung Qur’an Alfa Rizqie di bulan ramadan. Nah, kemarin, merupakan acara pembukaan sanlat yang akan dilaksanakan hingga dua pekan depan (2-16/4).

Baca Juga : Razia Ramadan, Polisi Sita 20 Ribu Petasan Korek Api

Pembukaan sanlat ditandai dengan pemasangan ID Card peserta sanlat secara simbolis kepada dua santri, oleh Khodim Saung Qur’an Alfa Rizqie, Ustadz Khoirudin Usmani didampingi Ustadz Sopian.

Menurut Khodim Saung Qur’an Alfa Rizqie, Ustadz Khoirudin Usmani atau akrab disapa Om Heru, sanlat diadakan setelah salat Ashar selama dua pekan dari 2 hingga 16 April 2023.

“Sanlat ini terbuka untuk umum, tidak hanya santri Saung Qur’an Alfa Rizqie. Sesuai tema Sanlat Asyik Ramadan, maka pembelajarannya pun akan menarik dan asyik diikuti tentunya,” ujar Om Heru.

Para peserta sanlat dari tingkatan TK sampai SMA, lanjut dia, adapun materinya sangat beragam dari agama sampai umum yaitu seperti Baca Tulis Quran, hafalan ayat pilihan, hadits, & do’a, Fiqih, Tajwid, Akhlak , Aqidah, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

“Tentu metode-metode pembelajarannya juga sangat menarik, ditambah lagi ada kegiatan olahraga berupa panahan yang mencontoh sunnah Rasulullah,” jelas Ust Khoirudin.

Tujuan sanlat, kata dia, adalah membuat anak-anak tertarik belajar, mengaji dan mengisi kegiatannya di bulan Ramadan, yang penuh dengan kebaikan dan keberkahan.

“Mudah-mudahan, anak-anak bisa meningkatkan kualitas ibadah dan keilmuannya di bulan suci Ramadan, walaupun sedang berpuasa tetap menjalankan kegiatan ini dengan baik dan semangat serta tidak menyia-nyiakan bulan yang penuh keberkahan ini dengan kegiatan yang tidak bermanfaat,” tegas alumni Ponpes Qatrun Nada Depok tersebut.

Baca Juga : Menu Ramadan Hari ke-10 : Nugget Ayam Sayuran, Cocok Buat Si Kecil

Saung Qur’an Alfa Rizqie berdiri sejak 2016, sampai saat ini usianya sudah enam tahun. Jumlah santri awal pada 2016 hanya 10 santri. Namun saat ini di 2023, santrinya mencapai 200 santri dari bermacam-macam usia, tingkatan TK sampai SMA. “Di sini adalah tempat belajar Alquran, akhlak anak, membentuk karakter yang mandiri dan percaya diri,” tukas dia.

Sebelum sanlat, Saung Qur’an Alfa Rizqie juga menggelar Khotmul Qur’an setiap malam setelah Salat Tarawih dan Tahfidz Shubuh untuk santri kelas Al Muzzammil dan Al Fatih, bahkan kelas Ar Rahman, jenjang kelas 1-3 SD pun ada yang ikut Tahfidz Subuh selama seminggu ( 25-31 /3).(pia)

Editor : Yosep