25 radar bogor

Puding dalam Batok Kelapa di Kota Bogor, Favorit Jusuf Kalla

BOGOR-RADAR BOGOR, Manis dan segar puding kelapa asal Kota Bogor ternyata mampu memikat deretan Wali Kota, artis ibu kota hingga pejabat negara.

Penyajiannya yang unik di dalam batok kelapa membuat puding ini kian menarik setiap pasang mata yang melirik. Tak aneh jika Bima Arya dan Jusuf Kalla jadi salah satu penggemarnya.

Baca Juga: Pengusaha Kuliner Diminta Utamakan Toleransi Selama Bulan Puasa

Adalah Yola Fitifalti orang dibalik cemerlangnya ide bisnis puding kelapa ini. Ibu muda berusia 29 tahun itu mencetuskan produk kreatifnya pada tahun 2019 lalu. Kala itu, ia bermaksud mencari pemasukan tambahan untuk keluarga di tengah masa pacekliknya pandemi Covid-19.

“Sebetulnya saat itu saya sudah acap berjualan. Produknya dimsum dan kue. Namun karena banyak juga yang berjualan itu, saya berpikir ulang mencari produk yang berbeda. Karena sering melihat kelapa saat ke pasar akhirnya saya berusaha mencari produk unik berbahan dasar kelapa,” tuturnya.

Setelah beberapa kali melakukan riset dan eksperimen, akhirnya tangan Yola berhasil menciptakan puding kelapa itu. Tak hanya memikirkan pudingnya saja Yola juga merumuskan pengemasan yang membuat produknya itu tampak berbeda dari puding biasanya.

Puding itu disajikannya langsung di dalam batok kelapa. Hal ini pun membuat puding kelapanya terkesan unik dan otentik. Batok kelapa berwarna coklat muda itu dicap lalu dibungkus dengan plastik bening sebagai penutupnya.

Ia pun mulai memasarkan puding kelapanya itu pada teman-temannya semasa masih bekerja sebagai tim kreatif salah satu stasiun televisi. Keunikan puding Yola kemudian terus menyebar dari mulut ke mulut. Puluhan hingga ratusan pesanan pun datang membanjiri. Di masa pandemi, rumah produksi Yola dapat menjual 400-700 kelapa dalam sehari.

“Dalam pemasaran saya dibantu reseller. Selain karena kesulitan, saya juga ingin membantu orang lain supaya bisa berpenghasilan. Sampai saat ini AR Pudding Kelapa sudah memiliki 50 reseller yang tersebar di wilayah Jabodetabek,” ungkap Yola.

Tak hanya masyarakat umum deretan artis dan pejabat ternama juga jatuh hati pada puding buatannya. Sebut saja Andre Taulany, Hesti Purwadinata, Wali Kota Bogor, Bima Arya, bahkan Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla menjadi langganannnya.

Di masa Ramadan kali ini Yola bisa memproduksi sebanyak 200-400 puding kelapa per hari. Ia dibantu Suami, ayah, Ibu, Adik, Adik Iparnya dalam proses produksi di rumahnya yang berlokasi di RT 3 RW 5 Kelurahan Pasirkuda, Kecamatan Bogor Barat.

Baca Juga: Soal Larangan Bisnis Pakaian Bekas, Bima Arya Pertimbangkan Nasib Penjual

Ia menyediakan 5 varian rasa di antaranya original, gula aren, coco pandan, leci, dan topping buah. Harganya mulai dari Rp20-30 ribu saja. Karena tidak menggunakan pengawet sama sekali puding Yola hanya bertahan 4 jam di suhu ruangan dan 3-4 hari dalam lemari es.

“Makanya saya menjual dalam kondisi fresh dan dibuat saat hari itu juga. Setiap hari ada kurir yang akan mengantarkan ke kota dan kabupaten tujuan,” ucap dia.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto