25 radar bogor

Dishub Prediksi 80 Persen Pendatang di Kota Bogor Mudik Tahun Ini

Dishub mudik terminal baranangsing
Sejumlah penumpang naik bus menjelang mudik di kawasan Terminal Baranangsiang, Kota Bogor. Dishub prediksi 80 persen warga pendatang mudik tahun ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kepala Dishub Kota Bogor, Eko Prabowo memprediksi, 75-80 persen warga pendatang di Kota Bogor akan pulang kampung di momen Llebaran tahun ini.

Baca Juga : Biskita Bakal Berbayar, Ada Perbedaan Harga Untuk Pelajar, Lansia, dan Disabilitas

Ia menilai, hal itu disebabkan tahun lalu warga pendatang di Kota Bogor tertunda pulang kampung karena pandemi Covid-19 yang belum mereda sepenuhnya.

“Untuk mempersiapkan itu, kami bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan jajaran Polresta Bogor Kota sudah melakukan sejumlah persiapan seperti memeriksa angkot setiap hari untuk meminimalisir kecelakaan. Selain itu, di terminal juga kami menggelar ramp check untuk memeriksa kondisi kesiapan bus dan supir,” terangnya kepada Radar Bogor, Sabtu (1/4/2023).

Sementara itu, pada momen takbiran nanti Dishub bersama Satpol PP juga akan melakukan penjagaan pasa titik-titik sentral kota seperti Alun-Alun Kota Bogor. “Tapi untuk itu kami masih menunggu kebijakan dari atasan,” ucap dia.

Eko menyebut di tahun ini Dishub tidak menggelar mudik gratis. Hal itu lantaran sistem penyelenggaraan langsung dilakukan oleh Kementerian Perhubungan melalui aplikasi Mitra Darat.

Baca Juga : Penumpang Menumpuk, Armada Biskita Bakal Diperbanyak pada Jam Sibuk

“Mereka tidak memberikan kuota per kota melainkan langsung saja melalui aplikasi. Ada 28 kota tujuan arus mudik yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Sumatera,” jelas Eko. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep