25 radar bogor

Biskita Bakal Berbayar, Ada Perbedaan Harga Untuk Pelajar, Lansia, dan Disabilitas

Biskita Transpakuan
Penumpang membayar dengan kartu (tap) saat menaiki BisKita Transpakuan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Penerapan tarif pada moda transporatasi Biskita Transpakuan akan segera diberlakukan dalam waktu dekat. Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan kebijakan ini akan dimulai setelah ada penetapan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca Juga : Berlaku Pekan Depan, Naik BisKita Bayar Rp4 Ribu

Bima menggaransi, tarif Biskita yang diberlakukan tidak akan memberatkan masyarakat dan memberikan kemajuan pada aspek pelayanan.

“Pelayanannya akan semakin baik. Shelter bus dan profesionalitas supir akan menjadi atensi kami,” tegasnya seusai acara Focus Group Discussion (FGD) Pemberlakuan Tarif Biskita di Auditorium Perpustakaan Kota Bogor, Sabtu (1/4/2023).

Dirinya mengungkapkan, ke depan akan ada penyesuaian tarif bagi penumpang dengan segmen tertentu misalnya pelajar, lansia, dan disabilitas.

Kepala Dinas Perhubungan, Eko Prabowo menyebut tarif Biskita yang diusulkan pihaknya sebesar Rp4 ribu. Besaran tarif tersebut disebutnya merupakan hasil penyesuaian kajian Ability To Pay (ATP) atau kemampuan untuk membayar jasa pelayanan, dan Willingness To Pay (WTP) atau kesediaan pengguna untuk mengeluarkan imbalan atas jasa yan diperolehnya.

“Awalnya kami usulkan Rp5.500 namun dikembalikan. Kemudian kami sesuaikan menjadi Rp4.000. Pada Jumat (30/3/2023) kemarin tarif ini sudah ditanda tangani oleh Kementerian Perhubungan,” jelas Eko.

Baca Juga : Naik BisKita Bakal Mulai Berbayar, Satu Kartu per Orang

Ia mengatakan, tarif Biskita tersebut akan mulai berlaku setelah adanya pengesahan dari Kemenkeu. Sembari menunggu pengesahan tersebut pihaknya akan menggelar sosialisasi secara masif selama sepekan ke depan.

“Untuk sementara Rp4.000 berlaku untuk semua penumpang. Setelah berjalan selama dua bulan akan dievaluasi dan ada komparasi bagi penumpang pelajar, lansia, dan disabilitas,” terangnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep