25 radar bogor

Trotoar Retak, PT PBN  Tetap Bertanggung Jawab 

BOGOR-RADAR BOGOR, Pelaksana proyek jembatan Bojonggede-Kemang (Bomang) tetap bertanggungjawab. Pelaksana proyek PT. Priangan Bangun Nusantara (PBN) mengaku sedang melaksanakan perbaikan.

’’Jembatan ini masih dalam masa pemeliharaan dan yang mengalami retak-retak itu adalah trotoar, bukan struktur jembatan, bukan badan jembatan,’’ kata Site Manager PT PBN, Indra Destiawan.

Menurut dia, pengerjaan trotoar itu baru dilaksanakan beton tumbuk, belum dan tidak sampai finishing sesuai dengan kontrak. Nah, untuk menjaga adanya pergerakan atau pergeseran tanah pada lokasi trotoar, pihaknya akan melakukan penguatan dengan memasang bronjong di belakang site pile atas beban kontraktor. ‘’Karena masih dalam masa pemeliharaan kami tetap bertanggungjawab,’’ tegas Indra Destiawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jembatan Setu Nanggerang di Desa Nanggerang, Kecamatan Tajurhalang, rawan roboh. Soalnya, bagian bangunan penyangganya sudah mengalami retak-retak.

Dari pantauan Radar Bogor, penyangga yang retak-retak membuat kondisi makin parah dan alami pergeseran tanah. Mulai dari lahan yang basah hingga kontur tanah yang labil. Tak lama videonya viral, jalan jembatan yang retak pun mulai mendapat perbaikan pada Senin (27/3/2023).

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Asman Dilla menjelaskan mengenai kondisi jembatan masih masuk dalam masa pemeliharaan penyedia jasa selaku kontraktornya. (unt)

Editor : Yosep