25 radar bogor

Rest Area Puncak Bakal Diresmikan Bareng HJB Ke-541

Rest Area Gunung Mas yang akan diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor berencana melaunching Rest Area Gunung Mas Puncak pada rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541.

HJB diketahui jatuh pada setiap tanggal 3 Juni yang rutin dirayakan setiap tahunnya.

Baca Juga: Juni, Rest Area Gunung Mas Puncak Bakal Beroperasi

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyebut pengoperasian rest area Gunung Mas harus dilakukan sebelum bertepatan dengan HJB.

“Sebelum 3 Juni sudah dioperasikan, karena nanti akan ada rangkaian hari jadi Bogor. Kami ingin sebelum 3 Juni sudah di-launching,” katanya.

Saat ini, pembangunan rest area tersebut telah masuk dalam tahap akhir. Pemenuhan fasilitas penunjang seperti instalasi listrik dan air telah dilakukan percepatan oleh Pemkab Bogor.

Iwan menginginkan adanya rest area Gunung Mas ini sebagai momentum membersihkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Puncak. Hal itu juga sebagai salah satu tujuan dari pembangunan rest area tersebut.

“Bukan hanya untuk merelokasi PKL, tapi ada tujuan yang paling utama yaitu bagaimana Puncak ini menjadi hijau dan kembali seperti tahun 80-an, gak ada bangunan liar dan PKL liar satupun,” katanya.

Untuk itu, dia meminta dinas terkait untuk melakukan persiapan dengan menertibkan PKL di wilayah tersebut sebelum dilakukannya peresmian rest area Gunung Mas Puncak.

“Kita akan tertibkan semua dari mulai kawasan Taman Safari sampai ke atas, ini sudah ada timelinenya bulan apa semua harus diclearkan dan PKL harus pindah ke rest area yang sudah di data,” tegasnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menambahkan, ada sebanyak 352 PKL yang baru tercatat akan mengisi kios-kios di rest area Gunung Mas. Sementara total kios yang disiapkan yakni sejumlah 516 kios.

Baca Juga: Hotel Mangkrak, Sayaga Wisata Bakal Kelola Rest Area Gunung Mas

“Yang dipilih itu orang dari Kabupaten Bogor terutama di Kecamatan Cisarua. Nanti dari data berikutnya akan tetap masuk,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto