25 radar bogor

Paripurna LKPJ Pemkab Bogor Digelar Tanpa Plt Bupati, Ini Alasannya

Rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bogor tahun anggaran 2022 digelar di DPRD, Jumat (31/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Bogor tahun anggaran 2022 akhirnya digelar, Jumat (31/3). Sebelumnya, paripurna tersebut dua kali ditunda.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan terpaksa hanya diwakili Sekretaris Daerah Burhanudin. Lantaran harus mengikuti kegiatan peresmian KEK Lido di waktu yang sama.

Baca Juga: Dewan Terima LKPJ Wali Kota Bogor Tahun 2022, Perbaiki 5.291 RTLH

Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto ini dihadiri oleh 45 anggotanya.

“Saya ditugaskan oleh Plt Bupati untuk mewakili beliau dan di tatibnya boleh, tadi disampaikan oleh Pak Ketua (DPRD) kalau bupati berhalangan oleh wakil bupati, kalau wakil berhalangan ada pejabat yang ditunjuk dan saya resmi diberi surat tugas khusus,” jelas Burhanudin, usai rapat paripurna kepada wartawan.

Menurutnya, hari ini merupakan hari terakhir untuk menyampaikan LKPJ tahun 2022 ke DPRD. Setelah disampaikan, nantinya Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan membuat jawal pemeriksaan terinci berkenaan LKPJ tersebut.

“Nanti LKPJ dibahas oleh alat kelengkapan dewan, dan ada dua raperda yang harus dibahas, berarti nanti ada tiga tim pansus kaitan dengan LKPJ terus juga raperda tentang kabupaten layak anak dan PAUD,” jelas Burhanudin.

Catatan-catatan dari LKPJ, lanjut dia, nantinya akan dibahas dan DPRD pun akan mengeluarkan rekomendasi untuk perbaikan di tahun berikutnya.

Baca Juga: KEK Lido Dapat Suntikan Investasi Rp40 Triliun

“Yang penting yang tadi disampaikan, tahun sebelumnya juga ada catatan-catatan. semua kita sudah verifikasi dan sudah dikoordinasikan dengan dewan dan sudah ditindaklanjuti,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto