25 radar bogor

Mau Buat Chatbot di WhatsApp? Begini Caranya!

ilutrasi chatbot whatsapp
ilutrasi chatbot whatsapp

RADAR BOGOR-Pernah dengar istilah chatbot? Chatbot adalah robot virtual yang membantu pengguna dalam menjawab pesan dan pertanyaan. Biasanya, pesan dan pertanyaan yang dilakukan terkait dengan promosi dan transaksi bisnis sehingga chatbot kerap digunakan oleh perusahaan maupun UMKM.

Baca Juga : Cara Blokir Nomor Yang Tidak Dikenal di GB WhatsApp

Secara khusus, chatbot WA adalah robot virtual yang mengotomatiskan menjawab pesan berdasarkan pertanyaan yang sering muncul yang berjalan di api WhatsApp business. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu para pelaku bisnis yang menangani banyak pelanggan.

Seperti misalnya jika bisnis kamu adalah service HP, maka kamu akan sangat terbantu ketika pelanggan bertanya tentang harga, spesifikasi, dan pesanan seputar HP. Lantas, bagaimana cara membuat chatbot whatsapp? Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui jawabannya.

Cara Membuat Chatbot di WhatsApp

1. Mengajukan Permintaan Akun WhatsApp Business API

Langkah pertama untuk membuat chatbot di WhatsApp adalah dengan mengajukan permintaan akun WhatsApp Business API. Kamu bisa mengajukannya di link https://www.whatsapp.com/business/api.

Selanjutnya, kamu perlu mengisi beberapa informasi terkait bisnis kamu untuk kepentingan verifikasi. Pastikan bisnis kamu legal dan sesuai dengan syarat serta ketentuan pihak WhatsApp. Sebab, jika tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, fitur chatbot yang terintegrasi dengan whatsApp tidak bisa terpasang.
Kamu bisa cek syarat dan ketentuannya di https://www.whatsapp.com/legal/commerce-policy/.

2. Menentukan Tipe Profil Akun Bisnis

Sebelum membuat chatbot di whatsApp, perlu untuk menentukan terlebih dahulu tipe profil untuk akun bisnis WA kamu. Ada tipe akun bisnis yang official dan ada juga yang biasa. Bedanya, tipe akun bisnis whatsApp yang official akan mendapatkan centang hijau atau badge tepat di samping nama profil.

Tentunya akun dengan centang hijau akan lebih profesional dan meningkatkan trust terhadap konsumen. Jika memungkinkan, kamu bisa mencoba meminta centang hijau untuk akun WA bisnis agar terpercaya.

3. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Berikutnya adalah mengunduh aplikasi WhatsApp Business supaya bisa menjalankan chatbot. Coba cek Google Play Store di HP Android kamu, lalu ketik whatsapp business kemudian install.

4. Proses Pendaftaran dan Verifikasi

Setelah mengunduh aplikasi WhatsApp Business, kamu perlu mendaftarkan WhatsApp API melalui Business Solution Provider (BSP) resmi. Jika sudah mendaftar, kamu hanya perlu menunggu akses disetujui.

Selain itu, verifikasi Facebook Business Manager juga diperlukan untuk integrasi dengan whatsApp API. Caranya adalah dengan login ke https://www.facebook.com/business/m/whatsapp/business-api. Pastikan kamu mempersiapkan dokumen-dokumen seperti nama perusahaan, alamat URL situs atau website bisnis, domain surel, dan SIUP/NIB/NPWP bisnis.

5. Masukan Respon atau Jawaban Otomatis

Terakhir adalah mengatur respon atau jawaban otomatis berdasarkan kriteria tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

a. Klik Pengaturan

Buka aplikasi WhatsApp Business yang telah kamu install lalu ketuk tiga titik di aplikasi. Setelah itu, tekan ‘Pengaturan’ kemudian ‘Pengaturan Bisnis’ lalu terakhir pada pesan ‘Pergi’.

b. Klik Kirim Pesan

Klik tombol saklar di sebelah ‘Kirim Pesan’. Selanjutnya untuk mengedit pesan, ketuk pesan dan masukkan tanggapan yang ingin kamu kirim ke konsumen lalu klik ‘OK’.

c. Jadwalkan Pesan

  • Langkah berikutnya adalah menjadwalkan pesan yang terdiri dari tiga pilihan, yaitu:
  • Selalu kirim. Pilih ini jika kamu tidak tersedia untuk waktu cukup lama.
  • Jadwal Khusus. Pilih ini jika kamu tidak tersedia selama waktu tertentu.
  • Di luar jam kerja. Pilih ini jika kamu ingin bot mengirim pesan otomatis hanya di luar jam kerja.

d. Pilih Penerima

Pengaturan berikutnya yang penting adalah mengatur penerima pesan otomatis. Sebab, akan menyebalkan bagi orang lain jika mendapatkan pesan otomatis terus menerus padahal bukan mereka yang mengharapkannya. Berikut opsi penerima yang bisa kamu pilih:

  • Semua orang. Pilih ini untuk mengirim tanggapan ke semua orang yang mengirimimu pesan setelah jam kerja.
  • Semua orang yang tidak ada di buku alamat. Pilih ini untuk mengirim tanggapan ke nomor yang tidak ada dalam kontak.
  • Semua orang kecuali. Pilih ini untuk mengirim tanggapan ke semua orang dalam kontak dan mengecualikan sebagian.
  • Hanya kirim ke. Pilih ini untuk mengirim tanggapan ke kontak yang kamu pilih.

Keuntungan Menggunakan Chatbot WhatsApp

Setelah mengetahui cara membuat chatbot whatsApp, ada hal lainnya yang juga perlu kamu ketahui terkait keuntungan menggunakan fitur terbaru ini. Setidaknya, ada 6 keuntungan menggunakan fitur chatbot di WhatsApp, yaitu:

  • Bisnis Buka 24 jam
  • Meningkatkan Penjualan
  • Berinteraksi dengan pelanggan lebih dekat karena melalui WA pribadi
  • Meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena dapat menangani lebih dari 1000 pelanggan dalam waktu singkat.
  • Tidak membutuhkan banyak Customer Service sehingga lebih hemat biaya.
  • Meningkatkan kepuasan pelayanan sehingga bisa membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Nah, itu dia cara membuat chatbot WhatsApp yang bisa kamu lakukan untuk membantu transaksi bisnis online jadi lebih mudah dan nyaman. Kini, kamu bisa menjual produk, melayani pertanyaan konsumen, dan melakukan promosi dengan mudah lewat fitur chatbot di WhatsApp.

Baca Juga : WhatsApp Siapkan Banyak Fitur Baru di 2023, Ada Mode Video

Jika bisnis kamu belum memiliki chatbot, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi dengan api whatsapp business yaitu KOALA+. Aplikasi tepercaya ini dapat merespon pesan pelanggan 3 kali lebih cepat sehingga meringankan tugas kamu sebagai pemilik usaha. Jadi, kamu tidak perlu kewalahan lagi untuk membalas pesan-pesan atau pertanyaan yang masuk dari pelanggan. (*)

Editor : Yosep